31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

Sejumlah Wilayah di Kabupaten Pati Mulai Dilanda Kekeringan

BETANEWS.ID, PATI – Puluhan warga tampak membawa ember, galon hingga jeriken. Mereka secara bergantian menata peralatan itu di sekeliling kolam penampungan air bersih yang terbuat dari terpal.

Warga RT 03 RW 1, Desa Tambahagung, Kecamatan Tambakromo, Pati itu sedang menunggu mobil tangki yang membawa bantuan air bersih ke desanya.

Kemarau yang sudah mulai melanda wilayah Pati, berimbas adanya kekeringan di beberapa wilayah. Warga terdampak sudah mulai kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

-Advertisement-

Baca juga: Masuki Musim Kemarau, Masyarakat Diminta Lebih Berhati-hati Bakar Lahan

Untuk mencukupi kebutuhan air bersih, selain mengambil air dari desa lain, warga mengandalkan bantuan air bersih dari Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pati, maupun relawan.

Meski begitu, bantuan air bersih dari BPBD dan PMI, tak setiap hari datang ke desanya. Biasanya bantuan datang dua hari sekali.

Kartubi, salah satu warga menyampaikan, kekeringan di tempatnya sudah terjadi sekitar sebulan lalu. Ia pun terpaksa harus membeli air galon guna mencukupi kebutuhan sehari-hari.

“Ya beli, Rp4 ribu satu galon. Kalau untuk mandi saja, untuk orang satu rumah itu ya sekitar enam galon,” ucapnya, Sabtu (25/5/2024).

Untuk itu, warga sangat butuh keberadaan bantuan air bersih, sebab warga sangat kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Baca juga: RSUD Pati Kini Sudah Miliki Tiga Ruangan Standar KRIS

Sementara, Ketua RT 3, Kasmantoro, menambahkan, seluruh warga di RT 03 RW 01 Desa Tambahagung mengalami kekeringan. RT ini dihuni sekitar 225 jiwa.

Selain RT di wilayahnya, sejumlah RT di Tambahagung juga mengalami kekeringan. Mereka pun harus putar otak untuk mendapatkan air bersih setiap harinya.

”Ada 53 KK yang terdampak. Sekitar 225 jiwa. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari ngangsu. Ndak ada embung. Harapan kami bantuan lancar dan ada sumber air,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER