31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

Masuki Musim Kemarau, Masyarakat Diminta Lebih Berhati-hati Bakar Lahan

BETANEWS.ID, PATI – Memasuki musim kemarau, Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati, M Budi Prasetyo mengimbau, agar masyarakat bisa lebih berhati-hati ketika membakar lahan.

Hal ini kata Budi, untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran meluas hingga ke pemukiman warga. Apalagi lokasi lahan berdekatan dengan rumah warga.

Baca Juga: Bawaslu Pati Perpanjang Masa Pendaftaran PKD untuk 163 Desa

-Advertisement-

“Hati-hati kalau membakar lahan. Misalnya lahan perkebunan tebu. Ini yang sering terjadi, kalau habis panen, cara yang mudah biasanya dibakar. Nah, ini harus ditungguin, jangan ditinggal,” ujar Budi.

Begitu juga ketika melintasi lahan perkebunan tebu, warga juga diminta untuk lebih berhati-hati. Seperti halnya tidak membuang puntung rokok sembarangan.

Ia menyebut, pada awal musim kemarau ini sudah terjadi beberapa kasus kebakaran di beberapa wilayah di Pati. Di antaranya, yang terjadi di Desa Karangrejo Lor, Kecamatan Jakenan, yang menurutnya menimbulkan kerugian hingga miliaran rupiah. Begitu juga di wilayah Kayen, katanya juga menimbulkan kerugian yang cukup besar.

“Kemudian, perilaku kurang hati-hati seperti halnya membuang puntung rokok sembarangan dan juga misalkan kabel listrik yang seharusnya sudah diganti, tapi tidak diganti, ini merupakan salah satu kelalaian masyarakat,” ungkapnya.

Hal seperti itu, menurutnya harus lebih diperhatikan, untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran.

Baca Juga: Hari Terakhir Pendaftaran PKD, Kantor Bawaslu Pati Dipadati Pelamar

Ia mencontohkan, ketika listrik di rumah ada peningkatan saya, seharusnya juga diikuti dengan peningkatan jaringan atau saluran listrik.

Untuk itu, Budi meminta kepada masyarakat untuk bisa lebih waspada dan berhati-hati. Sehingga potensi kebakaran pada musim kemarau bisa diminimalkan.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER