31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

Bawaslu Pati Perpanjang Masa Pendaftaran PKD untuk 163 Desa

BETANEWS.ID, PATI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati memperpanjang masa pendaftaran Pengawas Kelurahan/Desa (PKD). Perpanjangan masa pendaftaran ini, menyusul belum terpenuhinya kuota jumlah pendaftar.

Ketua Bawaslu Pati, Supriyanto mengatakan, perpanjangan masa pendaftaran PKD ini dibuka mulai hari ini, Rabu (22/5/2024) hingga Jumat (24/5/2024).

Baca Juga: Hari Terakhir Pendaftaran PKD, Kantor Bawaslu Pati Dipadati Pelamar

-Advertisement-

Menurutnya, perpanjangan pendaftaran PKD ini diperuntukkan di 163 desa yang tersebar di 20 kecamatan yang ada di Pati.

“Cuma ada satu kecamatan yang tidak melakukan perpanjangan pendaftaran PKD, yaitu Kecamatan Batangan. Untuk kecamatan ini sudah tercukupi,” ujar Supriyanto, Rabu (22/5/2024).

Supri menyebut, hingga hari terakhir masa pendaftaran reguler pada Selasa (21/5/2024) kemarin sampai dengan pukul 17.00 WIB, jumlah pelamar yang mendaftar di Bawaslu Pati sebanyak 793 orang.

Dari jumlah pendaftar itu, katanya, masih belum mencukupi kuota dari dua kali kebutuhan PKD, seperti yang dipersyaratkan oleh aturan yang ditetapkan.

“Setelah pendaftaran ditutup sore kemarin, kami melakukan analisis terhadap pemenuhan syarat. Yakni, di masing-masing desa atau kelurahan terpenuhi dua kali kebutuhan pendaftar. Karena pelamarnya belum terpenuhi dua kali kebutuhan, maka dilakukan perpanjangan masa pendaftaran PKD. Misalnya saja, pendaftarnya hanya satu orang saja, ” ucapnya.

Baca Juga: Komisioner KPU Pati Diminta Pegang Teguh Regulasi Penyelenggaraan Pilkada

Bukan hanya itu, perpanjangan ini juga memperhatikan belum terpenuhinya kuota perempuan sebanyak 30 persen. Sehingga Bawaslu juga melakukan perpanjangan pendaftaran.

Ia menyebut, idealnya memang untuk pendaftar di masing-masing desa atau kelurahan, terdapat satu laki-laki dan satu perempuan.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER