31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

Komisioner KPU Pati Diminta Pegang Teguh Regulasi Penyelenggaraan Pilkada

BETANEWS.ID, PATI – Handi Tri Ujiono, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah berpesan kepada Komisioner KPU Pati untuk memegang teguh regulasi dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Handi juga meminta, penyelenggara pemilu bekerja penuh integritas dan bisa memahami betul, bahwa penyelengaraan pilkada ini adalah terpilihnya bupati dan wakil bupati.

Baca Juga: Diantar Ratusan Pendukung, Pasangan Wahyu-Haryono Daftar ke PDIP Pati

-Advertisement-

“Tentunya, outnya adalah terpilihnya pasangan bupati yang didukung oleh masyarakat, untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Pati, ” ujar Handi beberapa waktu lalu.

Kemudian terkait potensi kerawanan pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Pati, Handi menyebut, bahwa secara umum di Bumi Mina Tani terpantau aman.

Hal ini katanya tercermin dari pelaksanaan Pemilu 2024. Pada pelaksanaan itu, tidak ada sesuatu yang menonjol yang menghambat tahapan pemilu.

“Kita memang punya sejarah panjang terkait pelaksanaan pemilu di Pati, saya kira masyarakat juga mencatat itu. Pelajaran itu, saya pikir membuat penyelenggara pemilu mencoba menjalankan untuk lebih baik, ” ungkapnya.

Termasuk katanya, tingkat partisipasi masyarakat Pati sangat luar biasa dalam Pemilu 2024.Ia menyebut, partisipasi pelaksanaan pilkada yang sebelumnya hanya 51 persen, kemudian pada Pemilu 2024 meningkat lebih dari 80 persen.

Baca Juga: Ali Badrudin Berharap Diperintahkan Megawati Tiarap untuk Nyalon Bupati Pati

Kemudian, terkait dengan antisipasi adanya kotak kosong dalam Pilkada Pati, menurutnya dalam pilkada ini ada dua sistem, yakni calon perseorangan dan calon dari partai politik. Terkait dengan calon perseorangan, saat ini sudah tertutup dan dipastikan tidak ada calon independen.

Menurutnya, untuk calon dari parpol, nantinya bisa dihitung partai mana yang bisa mengusung calon sendiri dan yang harus berkoalisi. Apalagi, untuk hasil pileg Pati sudah ditetapkan oleh KPU.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER