31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Gelontorkan Dana Ratusan Juta, Ini Alasan PT Sukun Sponsori Liga Antar Desa di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – PT Sukun Wartono Indonesia (SWI) menjadi sponsor utama liga sepak bola U-17 dan U-23 antar desa di Kabupaten Kudus. Bekerja sama dengan Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Kudus, kompetisi bernama Sukun League ini akan melibatkan 550 bibit-bibit muda asli Kudus.

Corporate Secretary PT Sukun, Deka Hendratmanto, mengatakan, bersedianya PT Sukun membiayai kompetisi ini merupakan amanat dari satu di antara direksi perusahaan rokok tersebut. Menurutnya, sebelum meninggal direksi tersebut pernah memberikan amanat agar PT Sukun berkontribusi pada pembinaan sepak bola usia muda di Kudus.

“Sayang kami baru bisa melaksanakan sekarang, setelah beliau (direksi) sudah almarhum,” ujar Deka di Lapangan Desa Tanjungrejo, Jumat (17/5/2024).

-Advertisement-

Baca juga: Pj Bupati Kudus Soal Sukun League: ‘Semoga Kompetisi Ini Memunculkan Bibit Terbaik’

Oleh karena itu, lanjut Deka, ada beberapa syarat yang diajukan oleh PT Sukun Wartono Indonesia ketika mensponsori Sukun League ini. Satu di antaranya adalah semua pemain yang berlaga harus warga Kudus, baik itu yang memang lahir atau pun yang besar di Kota Kretek.

“Dan, alhamdulillah syarat tersebut disetujui oleh panitia penyelenggara yakni Askab PSSI Kudus. Sehingga, Sukun League ini bisa dikatakan 100 persen diikuti oleh para pemain muda Kudus. Artinya para pemain itu secara resmi berKTP Kudus,” bebernya.

Tak hanya itu, kata Deka, syarat lain yang diajukan oleh PT Sukun Wartono Indonesia adalah Sukun League agar digelar dengan sistem liga penuh, bukan setengah kompetisi, bukan pula sistem turnamen.

“Teman-teman Askab PSSI Kudus awalnya skeptis karena bayang-bayang biaya. Namun, tentunya kami memberikan ide juga kami memberikan solusi, terutama dalam hal pendanaan. Dan, syarat memang saya ajukan di awal, kami bersedia mendanai dengan syarat kompetisi penuh,” jelasnya.

Disinggung terkait dana pembinaan yang digelontorkan PT Sukun Wartono Indonesia di Sukun League ini, Deka tak mau membeberkannya secara gamblang.

Baca juga: Sukun League, Liga Sepak Bola Junior di Kudus yang Terapkan Promosi-Degradasi

“Uang pembinaan yang digelontorkan, ratusan juta,” jawab Deka sembari tertawa.

Dia mengungkapkan, total pemain yang terlibat di Sukun League ini ada 550 pemain. Mereka tergabung di 22 tim persatuan sepak bola desa yang ikut berkompetisi, terdiri dari 12 tim U-23 dan 10 tim U-10.

“Semua tim yang berlaga di Sukun Leageu tentunya sudah diverifikasi oleh teman-teman Askab PSSI Kudus. Dan tujuan kami terlibat di kompetisi ini adalah  murni pembinaan serta membantu menata sepak bola di Kudus,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER