31 C
Kudus
Senin, Mei 27, 2024

Bosan Nganggur, Pensiunan PNS Kini Jualan Terang Bulan, Sehari Laku Ratusan Biji

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang pria paruh baya dengan telaten melayani pembeli yang silih berganti berdatangan. Satu demi satu adonan terang bulan yang sudah jadi, kemudian diolesi margarin lalu ditaburi seres dan susu coklat. Pria bernama Dwiko itu terlihat semangat berjualan meski usianya sudah 65 tahun.

Ia mengatakan, mulai berjualan jajanan jadul era tahun 80an yakni terang bulan tersebut sudah ia lakoni sejak 2019 silam, usai pensiun sebagai PNS. Tak ingin hanya berdiam diri di rumah, warga Desa Megawon RT 2 RW 1, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus justru ingin beraktivitas dengan berjualan.

Baca Juga: Mencicipi Nasi Biryani Khas Pakistan di Kira Kitchen yang Selalu Bikin Nagih, Segini Harganya

-Advertisement-

“Awalnya coba-coba, karena saya suka dengan jajanan ini dan waktu kecil saya masih ingat bahan-bahan membuat terang bulan. Di sisi lain, karena ingin mempunyai aktivitas dari pada di rumah tidak ngapa-ngapain,” bebernya saat ditemui sembari melayani pembeli, Kamis (18/4/2024).

Dwiko menjelaskan, awal berjualan respon pembeli terhadap makanan yang dijualnya sangat bagus. Bahkan semakin hari, penjualan selalu ada peningkatan. Menurutnya, saat ini penjualannya sanggup menjual 120 biji terang bulan setiap harinya.

“Kalau saat ini Alhamdulillah sehari selalu habis, karena membuat 120 biji. Jualannya juga lumayan ramai, 4-5 jam sudah habis dibeli,” ungkapnya.

Dwiko selalu menjajakan jajanan jadul tersebut di Balai Jagong Kudus tiap sore. Namun per hari ini, ia mencoba menjajakan terang bulan di pagi hari di belakang SMPN 2 Kudus, lantaran ada teman yang menyarankan berjualan di sana.

“Berjualan di sini baru kali ini, karena sebelumnya di Balai Jagong. Antusiasme pembeli di sini juga lumayan bagus. Pembeli berasal dari semua kalangan, mulai anak-anak hingga orang dewasa,” tutur bapak yang dikaruniai dua orang anak tersebut.

Baca Juga: Bika Ambon di Gotri Bakery jadi Favorit Banyak Orang

Selama kurang lebih lima tahun berjualan, Dwiko menyediakan berbagai toping untuk terang bulan yang dijual. Menurutnya, varian toping tersebut ada keju, seres, dan coklat Nutella. Untuk harga per satu bijinya, ia patok mulai dari Rp4-7 ribu, tergantung toping yang dipilih pembeli.

“Paling banyak diminati toping seres karena harganya yang lebih terjangkau. Untuk toping coklat Nutella, menggunakan coklat premium Nutella asli, sehingga untuk harganya memang lebih mahal,” imbuhnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER