31 C
Kudus
Selasa, April 16, 2024

Jalur BRT Rute Jepara Bakal Diusulkan Dalam RKPD Provinsi Jateng 2025

BETANEWS.ID, JEPARA – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jepara, Ony Sulistijawan mengatakan Jalur BRT Trans Jateng dengan rute sampai di Kabupaten Jepara akan diusulkan kembali dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2025 mendatang.

“Tahun depan (2025) kita akan mengusulkan BRT untuk rute di Jepara, namun karena usulan itu nantinya juga masih berupa rencana, akan disetujui atau tidak menunggu keputusan dari Gubernur baru, yang penting kita sudah mengusulkan. Karena itu kan program dari provinsi,” katanya saat ditemui di Kantor Dishub Kabupaten Jepara, Jum’at (29/3/2024).

Baca Juga: Serunya Ngabuburit Bareng Komunitas Pantomim Jepara

Dalam dokumen rencana usulan BRT tersebut nantinya juga mencakup rute yang akan dilewati di Kabupaten Jepara serta stasiun pemberhentian. Dengan adanya transportasi BRT tersebut, harapannya dapat menciptakan transportasi umum yang nyaman serta murah dan mengurangi kemacetan di area kawasan pabrik.

Lebih lanjut ia mengatakan, berbeda dengan Kabupaten Demak yang sempat terkendala karena tidak disetujui oleh pengusaha angkutan di kabupaten tersebut, usulan BRT Trans Jateng di Jepara menurutnya tidak akan mendapat protes.

Sebab usulan tersebut menurutnya juga sudah mendapatkan dukungan dari Organisasi Angkutan Darat (Organda) di Kabupaten Jepara. Nantinya, operator yang akan menjalankan BRT Trans Jateng tersebut juga berasal dari Organda.

“Untuk Jepara sudah dirapatkan dan sudah mendapatkan persetujuan (Organda), karena akan memberikan keuntungan bagi para pengusaha, karena kan ada subsidi dari pemerintah provinsi, operator nanti dari mereka,” katanya.

Baca Juga: Kasus DBD Jepara Membludak, Ternyata Ini Penyebabnya

Ketua Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Jepara, Hasanuddin mengatakan BRT Trans Jateng tersebut merupakan program dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk membuat angkutan yang saling terintegrasi dengan Kabupaten.

“Provinsi (Jawa Tengah) mempunyai target ada sambungan antara beberapa kota salah satunya melewati Jepara. Kita difasilitasi untuk nanti di usulkan di RKPD Provinsi 2025 , harapannya ya Demak-Semarang bisa nyambung sehingga Demak bisa nyambung ke Jepara, karena Jepara harus melalui Demak,” katanya saat dihubungi melalui telepon.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER