31 C
Kudus
Selasa, April 16, 2024

Jalan Tanjungkarang yang Sempat Ditanami Pisang Kini Sudah Diperbaiki

BETANEWS.ID, KUDUS – Beredar vidio singkat adanya pohon pisang di ruas Jalan Kudus-Purwodadi, tepatnya di Desa Tanjungkarang, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Video berdurasi 30 detik itu telah menyebar di media sejak Minggu (10/3/2024) malam, bahkan sampai grup dan story WhatsApp.

Dalam video tersebut tampak satu pohon pisang ditanam di jalan rusak. Berbagai kendaraan yang lewat pun menghindari lobang cukup besar yang ditanami pohon tersebut.

Aksi warga ini membuat Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK) Jawa Tengah (Jateng), gerak cepat (gercep) lakukan kegiatan penyedotan air dan menutup kubangan jalan yang membuat arus lalu lintas tersendat.

Baca juga: Mohon Bersabar, Butuh 1 Jam Setengah untuk Lewati Kemacetan di Jembatan Kalirejo Kudus

Jabatan Fungsional (JF) Teknik Jalan dan Jembatan BMCK Jateng, Parjo, mengatakan, penyedotan dan menutup lubang jalan itu bukan semata karena adanya aksi dari warga, melainkan sudah menjadi prioritasnya untuk menangani jalan rusak.

“Sebenarnya penyedotan itu tidak menunggu aksi dari warga. Sudah beberapa kali kita lakukan penyedotan, sebagai upaya yang cepat untuk kelancaran aktivitas pengendara. Saat ini sudah aman dilalui karena kita sudah tambal bagian jalan yang berlubang. Artinya sudah tidak ada jalan yang berlubang,” ungkapnya saat dihubungi melalui telepon, Senin (11/3/2024).

Usai penyedotan air, katanya, penambalan jalan berlubang bertujuan untuk memperlancar lalu lintas di ruas jalan tersebut. Hal itu juga dimaksudkan untuk keselamatan dan kenyamanan pengendara.

Baca juga: Sempit, Jembatan Peninggalan Belanda di Karangsambung Kudus Segera Dibangun

Pihaknya juga sudah mengajukan pembangunan atau peninggian jalan setelah Idulfitri 2024. Sebab, selama ini jalan yang terdapat cekungan itu selalu menjadi langganan banjir dan berakibat jalan rusak. Hal tersebut menjadi momok bagi pengguna jalan yang melintas.

“Kalau dikerjakan sekarang, ini kan mau memasuki bulan puasa, kalau dipaksakan berpotensi tidak bisa selesai sampai arus mudik lebaran. Kemudian setelah lebaran lalu lintas lebih kondusif, sehingga harapan kami kegiatan itu bisa dikerjakan dengan lancar, kemudian untuk meminimalisir gangguan lalu lintas pada lokasi itu,” imbuhnya.

Pihaknya saat ini juga telah memasang papan informasi, bahwa pembangunan jalan di Tanjungkarang akan dilakukan setelah lebaran 2024.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER