31 C
Kudus
Jumat, April 19, 2024

Bendung Wilalung Berstatus Awas, Dibuka 10 Cm ke Arah Sungai Juwana

BETANEWS.ID, KUDUS – Intensitas curah hujan tinggi selama beberapa hari terakhir mengakibatkan debit air di Bendung Wilalung menjadi tinggi. Hal tersebut membuat Bendung Wilalung kembali lagi berstatus awas dan dibuka 10 centimeter ke arah sungai Juwana, setelah sebelumnya sempat berstatus awas pada Senin (11/3/2024).

Operator dan Pemelihara (OP) Bendung Wilalung, Arsha Fani Putra Pradana mengatakan, kondisi debit air di Bendung Wilalung saat ini berstatus awas atau zona merah. Kembalinya kondisi zona merah di Bendung Wilalung itu terjadi sejak Rabu (13/3/2024) malam, sekitar pukul 23.00 WIB.

Baca Juga: Harga Jenang Mubarok Naik 10 Persen di Ramadan 2024, Ini Daftar Harganya

“Cuaca saat ini di Bendung Wilalung masih hujan dan saat ini berstatus awas. Kondisi itu juga kiriman air dari hulu yang sampai saat ini masih hujan,” bebernya, Kamis (14/3/2024).

Arsha menjelaskan, debit air di Bendung Klambu per pukul 10.00 WIB mencapai 859m³/detik. Menurutnya, dengan kondisi debit air yang melebihi standar operasional prosedur (SOP) itu, dibuka ke arah Sungai Juwana di pintu nomor 8, sekitar pukul 08.30 WIB tadi.

“Saat ini untuk kondisi di Bendung Klambu sedang doging (pintu dibuka secara full ke arah Bendung Wilalung). Sehingga untuk debit air sampai saat ini menunjukan tren naik,” tuturnya.

Baca Juga: Masjid Agung Kudus Bagikan Takjil Gratis Setiap Hari Selama Ramadan

Tingginya debit air di sana, kata Arsha, disebabkan karena curah hujan tinggi yang mengguyur beberapa daerah selama dua sampai tiga hari ini. Sementara untuk Elevasi walking tanggul di Bendung Wilalung per pukul 10.00 WIB di angka 242 centimeter, dengan tinggi jagaan tanggul 42 centimeter.

“Untuk kondisi debit air di sini (Bendung Wilalung) menunjukan tren naik. Untuk perkiraan, debit air akan terus meningkat, mengingat kondisi yang saat ini masih hujan,” imbuhnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER