31 C
Kudus
Sabtu, April 13, 2024

Masjid Agung Kudus Bagikan Takjil Gratis Setiap Hari Selama Ramadan

BETANEWS.ID, KUDUS – Beberapa orang menunggu adzan magrib di Masjid Agung Kudus, setelah seharian berpuasa menjalankan rukun Islam ke empat, Selasa (12/3/2024). Beberapa dari mereka ada yang terlihat sedang tadarus Quran dan ada juga yang sekedar ngobrol dengan temannya.

Masjid Agung Kudus yang berlokasi tak jauh dari Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, itu selalu menyediakan takjil gratis selama di bulan suci Ramadan.

Baca Juga: Angka Stunting di Kudus Diklaim Turun dari 19 Jadi 16,8 Persen di 2023

Ahmad Latif, Sekertaris Umum Masjid Agung Kudus mengatakan, penyediaan takjil gratis di Masjid Agung Kudus untuk jamaah shalat di sana selalu rutin dilakukan selama bulan suci Ramadan setiap tahun. Seperti yang dilakukan pada awal puasa, Selasa (12/3/2024), ada ratusan takjil dan makanan berbuka puasa yang dibagikan.

“Takjil Ramadan di Masjid Agung ini kita siapkan mulai di hari pertama sampai akhir puasa. Yang kita sediakan sesuai rencana, yaitu di hari pertama ini sekitar 200-300 porsi. Sementara mulai hari Kamis, takjil dibagikan sekitar 500 porsi,” bebernya saat ditemui di kantornya.

Bertambahnya pembagian takjil itu, katanya, karena di hari Kamis merupakan bertepatan dengan awal kegiatan mengaji yang dilakukan di Masjid Agung tersebut. Kegiatan mengaji atau tadarus itu rencananya juga akan dibuka langsung oleh Pj Bupati Kudus, Muhammad Hasan Chabibie.

“Khusus untuk di hari Kamis, ada donatur dari PT Sukun yang selalu menyiapkan takjil dan makanan berbuka puasa sekitar 700 porsi, setiap hari Kamis. Sehingga setiap harinya bisa jadi jumlahnya tidak akan sama, tapi yang pasti kita bagikan untuk para jemaah shalat di sini (Masjid Agung),” ungkap pria berusia 53 tahun itu.

Ia menjelaskan, kegiatan membagi takjil maupun menu berbuka puasa gratis dilakukan karena adanya banyak donatur yang ingin mensedekahkan hartanya di bulan yang penuh berkah. Menurutnya, donatur yang membantu pelaksanaan kegiatan bagi-bagi takjil di masjid tersebut sebagian besar dari warga umum.

“Sebelum Ramadhan kami sudah mendata, siapa saja donatur yang sudah masuk. Tahun ini ada banyak donatur yang masuk. Kita juga menyiapkan dua relawan untuk membantu membagikan takjil, sekaligus untuk mengkondisikan suasana, jika ada yang berebut,” jelasnya.

Baca Juga: PKL Kudus Keluhkan Kelangkaan Gas Melon di Awal Puasa

Salah satu warga, Nurul mengaku, tidak tahu jika di Masjid Agung ada takjil dan menu buka puasa gratis. Warga Desa Kaliputu, Kecamatan/Kabupaten Kudus itu tak ada niatan berbuka di Masjid Agung Kudus. Sebab, saat cash on delivery (COD) di dekat masjid, tiba-tiba hujan deras.

“Tidak sengaja ke masjid, tadi soalnya COD di Alun-alun Kudus, malah tiba-tiba hujan deras. Kebetulan anak-anak juga pengen shalat di masjid, jadinya ke sini. Saya tidak tahu kalau di sini ada takjil,” ujarnya sembari menunjukkan teh yang sudah dibelinya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER