31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

Tanggul Sungai Wulan Jebol, Harta Puluhan Juta Milik Warga Demak Ini Melayang 

BETANEWS.ID, KUDUS – Ahmad Solekhan, warga Dukuh Norowito, Desa Ketanjung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak tak pernah berpikir akan mengalami kerugian hingga puluhan juta. Saat sedang menikmati waktu libur, Tanggul Sungai Wulan yang ada di samping kampungnya jebol dan mengakibatkan banjir. 

“Niatnya, pagi ini ingin bersantai. Malah terdengar siaran dari pengeras suara masjid bahwa tanggul Sungai Wulan jebol. Saya dan keluarga lain pun kalang kabut, sebab tak berapa lama air banjir sudah masuk rumah,” ujar Solekhan di sela-sela menyelamatkan barang berharganya, Kamis (8/2/2024). 

Kondisi banjir di Dukuh Norowito, Desa Ketanjung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak akibat tanggul Sungai Wulan jebol, Kamis (8/2/2024). Foto: Rabu Sipan

Karena air banjir datang dengan tiba-tiba, lanjutnya, banyak barang berharga yang tak bisa diselamatkan. Beberapa barang elektronik seperti, kulkas, televisi, mesin cuci, sofa, tempat tidur, serta gabah hasil panen pun turut terendam banjir.

Baca juga: Tanggul Sungai Wulan Karanganyar Demak Jebol, Banjir Lumpuhkan Jalur Pantura

“Banyak barang berharga yang tak sempat diselamatkan. Barang elektronik kerendam sudah dipastikan rusak dan mati. Kerugian kurang lebih Rp25 juta,” bebernya. 

Pria yang juga sebagai Perangkat Desa Ketanjung itu mengungkapkan, kemungkinan tanggul jebol akan membanjiri sebagian besar wilayah di kecamatannya. Untuk di kampungnya dipastikan tak ada rumah yang tak luput dari banjir. 

“Di Dukuh Norowito, Ketanjung ini dipastikan semua rumah terendam banjir. Sementara total warga kampungngnya yang terdampak kurang lebih ada 177 kepala keluarga (KK),” ungkapnya. 

Saat ini, ia dan keluarganya masih mencoba menyelamatkan barang berharganya untuk dibawa mengungsi. Pasalnya, ketinggian air di rumahnya terus bertambah.

Baca juga: Tanggul Kali Tuntang Jebol, 6 Desa di Wonosalam Demak Diterjang Banjir

“Sekarang ini, ketinggian air di rumahku kurang lebih 1,5 meter. Kemungkinan nanti bisa bertambah lagi,” sebutnya.  

Diberitakan sebelumnya, tanggul Sungai Wulan di Dukuh Norowito jebol sekira pukul 6:30 WIB. Ada dua titik tanggul jebol, dengan masing-masing panjang 7 meter dan 3 meter. 

Tanggul jebol tersebut tak hanya menggenangi ribuan rumah, tapi juga menggenangi Jalan Pantura Demak-Kudus. Akibatnya, lalu lintas Jalan Pantura Demak-Kudus atau sebaliknya lumpuh total. 

Editor: Ahmad Muhlisin 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER