31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Sungai Juwana dan Wulan Meluap, Desa Kalirejo Kudus Kebanjiran 

BETANEWS.ID, KUDUS – Desa Kalirejo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus terendam banjir sejak Rabu (7/2/2024) akibat Sungai Juwana dan Wulan meluap. Sungai yang bersumber dari Bendung Wilalung itu tak kuat menahan tingginya debit air kiriman dari Bendung Klambu di Kabupaten Grobogan.

Sekretaris Desa Kalirejo, Faiq Maulana, mengatakan, terdapat dua titik lokasi kebanjiran di desanya, yaitu di gang semangka dan gang manggis. 

“Jadi banjir itu terjadi sejak Rabu (7/2/2024) kemarin, karena memang dua titik itu menjadi langganan saat kondisi debit air di Bendung Wilalung tinggi,” katanya saat dihubungi melalui telepon, Jumat (9/2/2024).

Baca juga: BPBD Kudus Kewalahan Layani Permintaan Evakuasi Warga Demak yang Terjebak Banjir

Menurutnya, ada sekitar 70-80 jiwa terdampak banjir dengan ketinggian yang berbeda. Di titik gang semangka, ketinggian air sempat mencapai satu meter. Sedangkan di gang manggis, ketinggian air sekira 30-40 sentimeter. Pihaknya pun dengan sigap memberikan bantuan berupa logistik seperti mi instan.  

“Untuk warga terdampak kita bagikan mi instan. Satu orangnya mendapat 10 sarimi. Kemudian kondisi sekarang air sudah mulai surut karena debit airnya juga semakin turun,” ujarnya. 

Salah satu warga, Masturi, memperkirakan, banjir yang ada di Desa Kalirejo akan surut besok pagi, dengan catatan tidak ada kiriman air lagi. Dengan kondisi kampung yang selalu terkena banjir, dia meminta pemerintah untuk meninggikan jalan.

Baca juga: Logistik Aman, Pengungsi Banjir Karanganyar Demak Butuh Pakaian dan Selimut

“Banjir ada yang masuk rumah, bahkan ada warga yang sampai tidak bisa memasak. Namun untuk kondisi saat ini sudah mulai surut menjadi 20-25 sentimeter,” ungkapnya. 

Warga lain, Ahmad Khoiron, mengaku belum menerima bantuan dari pemerintah desa selama tiga hari terdampak banjir di sana. Ia juga berharap, saluran pembuangan air diperbaiki, agar air tidak masuk sampai ke pemukiman warga.

“Jadi untuk banjir di sini alhamdulillah tidak sampai masuk rumah. Karena keadaan rumah di sini tinggi semua. Hanya akses jalannya saja yang kebanjiran,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER