31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

Jalur Pantura Lumpuh Diterjang Banjir, Jalan Jepara-Demak Padat Merayap 

BETANEWS.ID, JEPARA – Akibat meluapnya Sungai Uulan di Desa Karanganyar, Kecamatan Demak, Jalur pantura Kudus-Demak lumpuh total, Kamis (8/2/2024). Saat ini arus lalu lintas dari arah Kudus-Semarang, begitu juga sebaliknya, diarahkan menuju Jepara.  

Berdasarkan pantauan Betanews.id, tumpukan kendaraan terjadi di pertigaan Jalan Alternatif Mayong-Kudus. Kendaraan roda empat dari arah Demak-Jepara sempat diimbau untuk tidak melewati jalur tersebut dan ambil lurus menuju Jalan Perempatan Kalipucang-Mayong jika ingin menuju ke arah Kudus.  

Arus lalu lintas di Jalan Kudus-Jepara-Demak padat merayap imbas Jalur Pantura Demak lumpuh diterjang banjir, Kamis (8/2/2024). Foto: Umi Nurfaizah

Sebab, jalan tersebut menjadi jalan keluar utama kendaraan dari Kudus menuju Demak, sekaligus jalan utama menuju Kota Jepara.

Baca juga: Tanggul Sungai Wulan Karanganyar Demak Jebol, Banjir Lumpuhkan Jalur Pantura

Pekerja Proyek di depan Terminal Welahan, Restu Dian Panduwinata (20), mengatakan, tumpukan kendaraan dari arah Jepara-Demak dan sebaliknya sudah terjadi sejak pukul 10.00 WIB. Ia juga sempat bertanya kepada salah seorang temannya yang merupakan sopir truk, kendaraan sempat berhenti total dari pukul 11.00 WIB dan baru dapat berjalan normal pada pukul 13.30 WIB.  

“Mulai ada macet sekitar jam 10 pagi, kemudian kendaraan sempat berhenti total jam 11, dan baru bisa jalan normal tadi sekitar setengah dua siang,” ungkapnya.  

Anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jepara, Aipda Aries Nuryanto, mengatakan, untuk sementara ini, sembari menunggu perbaikan jalan di arah Kudus-Demak, kendaraan dari arah Kudus menuju Semarang, maupun sebaliknya diarahkan menuju Jepara semua.  

“Kendaraan dari Kudus ke Semarang mulai dari Terminal Jati sudah diarahkan untuk lewat Jepara. Begitu juga sebaliknya Semarang mau ke Kudus juga dilewatkan Japara,” jelasnya.

Baca juga: Tanggul Sungai Wulan Jebol, Harta Puluhan Juta Milik Warga Demak Ini Melayang 

Tumpukan kendaraan terjadi karena arus lalu lintas dari arah Mijen menuju Jepara, dibuka tutup, karena sedang ada perbaikan jalan di depan Kantor Polsek Mijen, Demak. Namun, kondisi tersebut tidak sampai membuat kemacetan.  

“Arus lalu lintas lumayan padat, hanya ada ketersendatan tidak sampai ada kemacetan yang panjang,” katanya.  

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati selama berkendara, serta tetap mematuhi aturan lalu lintas. 

Editor: Ahmad Muhlisin 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER