31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

Pj Bupati Kudus Imbau Camat dan Kades Lakukan Mitigasi Bencana

BETANEWS.ID, KUDUS – Hujan deras mulai terjadi di wilayah Kabupaten Kudus. Untuk mengntisipasi terjadinya bencana akibat hujan tersebut, camat dan kepala desa di Kudus untuk benar-benar melakukan mitigasi.

Penjabat (Pj) Bupati Kudus, M Hasan Chabibi mengatakan, beberapa hari lalu dirinya telah berkeliling ke sembilan kecamatan, salah satu tujuannya adalah mengikatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan bencana yang akan terjadi di musim hujan.

“Musim hujan ini kan sudah mulai datang. Masing-masing camat dan kepala desa di Kudus untuk memastikan betul-betul mitigasi dan penanganan banjir,” ujarnya di Pendapa Kudus, Senin (22/1/2024).

Baca juga: Setelah 10 Tahun, Petani Undaan Akhirnya Nikmati Lagi Harga Gabah Tinggi

Di musim penghujan, tuturnya, bencana yang mungkin terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Kudus adalah banjir dan tanah longsor. Bahkan bisa dikatakan, bencana banjir hampir terjadi tiap tahun di Kota Kretek.

“Banjir, tanah longsor itu hampir tiap tahun terjadi, sehingga perlu dilakukan mitigasi-mitigasi agar pencegahan terjadinya bencana bisa lebih optimal lagi,” bebernya.

Ia juga meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus untuk berkoordinasi dalam pencegahan dan penanggulangan bencana yang terjadi. Misal, kemarin ada pohon tumbang untuk sesegera dilakukan evakuasi.

Baca juga: Satu Bayi di Kudus Ditolak Ikut Imunisasi Polio, Ini Penyebabnya

“Sehingga tak sampai mengganggu jalan. Tentunya hal itu juga berlaku untuk bencana-bencana lain,” sebutnya.

Sementara terkait progres pembangunan kolam retensi di Dukuh Tanggulangin, Desa Jati Wetan, tahun ini sudah dianggarkan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana. Terkait kepastian kapan mulai pengerjaannya akan dikoordinasikan kembali.

Editor: Ahamd Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER