31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

Pelipatan Surat Suara DPRD Jepara Ditarget Selesai Hari Ini

BETANEWS.ID, JEPARA – Proses pensortiran dan pelipatan surat suara DPRD Kabupaten ditargetkan akan selesai pada hari ini, Senin (8/1/2024). Muhammadun, Komisioner KPU Jepara menjelaskan bahwa setelah proses tersebut selesai, 220 pekerja nantinya akan fokus untuk menyelesaikan empat jenis surat suara pemilu lainnya.

“Jadi di hari ke-lima ini, dimulainya kan Kamis (4/1/2024), hari ini ditargetkan untuk surat suara DPRD Kabupaten akan selesai, kemudian nantinya akan lanjut ke DPRD Provinsi, DPR RI, DPD, sama Presiden dan Wakil Presiden,” katanya di Kantor KPU Kabupaten Jepara.

Baca Juga: Aktivis Tambak Udang Karimunjawa Kembali Dilaporkan ke Polisi

Proses pelipatan dan pensortiran surat suara tersebut, ia menjelaskan di bagi ke dalam tiga tempat. Yaitu di Gudang Mulyoharjo, Kecamatan/Kabupaten Jepara dengan jumlah pekerja sebanyak 66 orang.

Kemudian di Gudang KPU Kabupaten Jepara, sebanyak 35 orang. Dan di Gudang Tahunan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara terdapat dua Gudang dengan masing-masing pekerja 69 dan 50 orang.

Selama lima hari berjalannya proses pelipatan dan pensortiran surat suara, ia mengatakan tidak terdapat kendala. Hanya saja di hari ketiga sempat terjadi mati listrik di Gudang Mulyoharjo. Sehingga dari PLN, kemudian memberi fasilitas Genset.

“Semua gudang tidak ada kendala yang berarti terkait pelipatan dan pensortiran surat suara, semua berjalan dengan baik. Dari temen-temen tim logistik juga berusaha untuk menyelesaikan sesuai dengan target dengan menambah jumlah pekerja dan lembur,” jelasnya.

Ia menjelaskan di hari pertama dan kedua proses pelipatan dan pensortiran surat suara, para pekerja tersebut masih bekerja secara normal yaitu sampai pukul 17.00 WIB. Kemudian di hari ketiga, mulai dilakukan penambahan waktu kerja atau lembur sampai jam 22.00 WIB.

Baca Juga: Alokasi Pupuk Subsidi Jepara Turun, Petani Diminta Beralih Gunakan Pupuk Organik

Selama lima hari proses pelipatan dan pensortiran surat suara, ia menambahkan juga mulai ditemukan surat suara cacat. Seperti sobek; adanya bintik besar yang mengenai gambar calon, nama dan nomor urut; dan ada juga surat suara yang warna dari logo partai peserta Pemilu berbeda dengan aslinya.

“Misalnya seperti demokrat itu yang seharusnya biru jadi warna merah muda. Itu nanti akan kita rekap dan kita laporkan kepada KPU RI untuk mendapat penggantian,” jelasnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER