31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Jelang Imlek, Warga Lintas Agama di Pati Ikut Bersih-bersih Klenteng

BETANEWS.ID, PATI – Kesibukan di Kelenteng Hok Tik Bio Pati sudah mulai terasa menjelang perayaan Imlek 2575. Berbagai komunitas lintas agama berkumpul dan bekerja sama membersihkan tempat ibadah di Desa Pati Wetan, Kecamatan/Kabupaten Pati itu.

Dalam kegiatan tersebut, tidak hanya diikuti oleh warga dari etnis Tionghoa yang beragama Konghucu saja, karena banyak juga puluhan elemen masyarakat dari lintas agama bersama TNI dan Polri, tampak berbaur untuk membersihkan kelenteng dan patung- patung yang ada.

Ketua Klenteng Hok Tik Bio Pati, Eddy Siswanto mengatakan, bersih- bersih klenteng yang tidak hanya diikuti oleh warga Tiongho saja itu, menurutnya sebagai wujud toleransi antarumat beragama.

Baca juga: Gunakan 4.031 Knalpot Brong, Tugu Ikan Bandeng Dipasang di Alun-alun Pati

“Toleransi ini sesuai dengan dasar negara kita Pancasila. Saya berharap, dengan kegiatan seperti ini, dapat mempererat silahturahmi serta persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Eddy, Minggu (28/1/2024).

Ia menyebut, pada perayaan Tahun Baru Imlek 2575 nanti, di Kelenteng Hok Tik Bio akan menggelar beragam kegiatan, di antaranya donor darah, pengobatan gratis, dan pembagian sembako bagi warga kurang mampu.

Sedangkan pada hari puncak, nantinya akan digelar pementasan barongsai dan doa bersama untuk bangsa.

Baca juga: Petani di Pati Semringah Dapat Diskon Pupuk dari PT Pupuk Indonesia

“Kami berharap, pada pelaksanaan pemilu nanti bisa berlangsung damai dan tenteram. Untuk itu, kami pada perayaam Imlek nanti akan ada doa bersama agar pemilu berjalan aman,” ungkapnya.

Ia pun berharap, kerukunan antar agama, antaretnis di Indonesia, khususnya di Kabupaten Pati bisa terus terjaga, sehingga kehidupan dalam masyarakat bisa aman dan nyaman.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER