31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Siswa RA NU Attarbiyatul Islamiyah Bermain Sambil Belajar Tentang Bangunan Rumah

Siswa-siswi Raudlatul Athfal (RA) NU Attarbiyatul Islamiyah tampak antusias saat guru membawa kertas berisi beberapa gambar di dalamnya. Berhubung tema pembelajaran pagi itu adalah “Rumah Surgaku”, para siswa diperlihatkan apa saja yang ada di dalam rumah melalui sebuah gambar, Mulai dari ruang tamu, ruang makan, kamar tidur hingga dapur.

Mereka terlihat sangat aktif ketika guru menjelaskan gambar tersebut. Diskusi disertai tawa riang siswa tampak betapa menyenangkan kegiatan belajar di sekolah yang ada di Jalan Hilir Suru, Desa Jurang, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus itu.

Mereka belajar tentang bentuk geometri bangunan rumah mulai dari segitiga, persegi, persegi panjang, hingga lingkaran yang ternyata jika dikombinasikan bisa menjadi sebuah bangunan

Muazzarotul Maghfiroh | Guru RA NU Attarbiyatul Islamiyah

Setelah itu, semua siswa kemudian diminta melakukan empat ragam kegiatan belajar. Pertama, membuat bangunan rumah dari balok. Kedua belajar literasi, siswa-siswi diminta menulis atau berkarya dari loose part yang sudah disiapkan. Kemudian dilanjutkan dengan membuat rumah dari kertas lipat atau origami. Dan terakhir, simulasi merapikan kamar tidur.

Baca juga: Jangan Senang Dulu, Ini Bahayanya Anak Bisa Membaca di Usia Dini (3)

Setelah melakukan beragam kegiatan tersebut, semua siswa diajak untuk duduk melingkar dan mengulas kembali kegiatan belajar yang sudah dilakukan oleh semua siswa melalui kegiatan bercerita.

Usai mendampingi siswa-siswi belajar, Muazzarotul Maghfiroh, guru RA NU Attarbiyatul Islamiyah, bersedia berbagi cerita kepada Betanews.id tentang kegiatan belajar pagi itu. Ia mengungkapkan, pembelajaran yang telah diselenggarakan itu merupakan bagian dari budaya inkuiri, yaitu bermain sambil belajar.

Anita Purnama
Anita Purnama
Jurnalis Beta Media

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER