31 C
Kudus
Selasa, Desember 5, 2023

BBWS Pemali-Juana Beri SP 1 pada Warga yang Belum Bongkar Bangunannya di Pinggir SWD II

BETANEWS.ID, JEPARA – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juana mulai memberi Surat Peringatan (SP) 1 kepada 300 warga Desa Kedung Malang, Karangaji, Tedunan, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara, yang terdampak normalisasi sungai SWD II. SP 1 Ini diberikan pada warga yang belum membongkar bangunannya yang berada di tanggul, bantaran, maupun sempadan sungai.

Kepala Bidang Pelaksana Jaringan Sumber Air (PJSA) BBWS Pemali Juwana, Mustafa, menjelaskan, pemberian SP 1 tersebut merupakan perigantan pertama yang dilayangkan pada warga.  SP 1 tersebut berlaku selama tujuh hari ke depan. Apabila warga tidak mengindahkan surat peringatan tersebut, BBWS akan kembali memberikan SP 2.

Menurutnya, jika warga enggah merobohkan sendiri bangunan miliknya, maka terpaksa akan dirobohkan oleh aparat pemerintah Kabupaten Jepara.

Baca juga: Tempati Lahan Milik BBWS Pemali Juana, Pasar Karangaji Jepara Bakal Direlokasi

“Mudah-mudahan tidak sampai ada SP 3. Karena itu pembongkaran paksa,” katanya saat dihubungi melalui telepon, Selasa (31/10/2023).

Mustafa menyebut, pada 10 November 2023 nanti akan dilakukan eksekusi pada bangunan-bangunan liar yang berada di bantaran, tanggul dan sempadan sungai sekaligus dimulainya tahap normalisasi sungai di SWD II.

Normalisasi tersebut nantinya akan dimulai dari muara. Namun, jika ada wilayah yang tidak terdapat masalah, maka akan digarap terlebih dulu.

“Kita prioritaskan dari muara. Tapi kita menyesuaikan yang tidak ada masalah digarap dulu,” jelasnya.

Baca juga: Usahanya Terdampak Normalisasi, Warga: ‘Ya Libur Dulu, Kan Nggak Ada Tempatnya’

Warga Desa Karangaji, Kartono, mengaku tak bisa berbuat banyak saat menerima SP 1. Dia terpaksa menerima karena memang tanah yang ditempatinya bukanlah milik pribadi.

“Saya hanya menerima, kalau nanti jadi dibongkar, saya pindah ke rumah orang tua dulu,” ucap Kartono.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,303PengikutMengikuti
121,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER