31 C
Kudus
Selasa, Juli 16, 2024

138 Stand Meriahkan Festival Ekraf Haul Habib Ja’far Al Kaff di Alun-Alun Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Haul ke-3 Habib Ja’far Al Kaff salah satunya dimeriahkan dengan Festival Ekonomi Kreatif (Ekraf) di Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus. Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Bergas C Penanggungan pun berharap momen tersebut bisa menaikkan ekonomi kreatif agar mampu go International.

Bergas sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada panitia penyelenggara serta keluarga besar Habib Ja’far Al Kaff, karena mengemas haul tidak hanya dengan pengajian tapi dengan Festival Ekraf.

“Tentunya Festival Ekraf ini akan mengangkat budaya lokal serta produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kudus,” ujar Bergas, Jumat (24/11/2023).

-Advertisement-

Baca juga: Tingkatkan Grade UMKM, Aneka Jaya Adakan Festival UMKM Up Level

Bergas mengungkapkan, Kudus selama ini dijuluki sebagai Kota Kretek. Namun, selain itu Kudus juga disebut Kota Santri, yang mana di dalamya terdapat fashion yang termasuk dalam ekonomi kreatif.

“Dari julukan Kota Santri muncul usaha kreatif di antaranya hijab, baju muslim, dan pernak-pernik lainnya,” sebutnya.

Bergas pun menegaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus mendukung penuh upaya pengembangan ekonomi kreatif. Namun, pengembangan tersebut harus melibatkan warga lokal.

“Saya berharap ekonomi kreatif ini mampu menarik wisatawan dan menarik pembeli atau para konsumen di luar Kudus. Tidak hanya di tingkat lokal, regional, saya berharap sampai tingkat Internasional,” bebernya.

Dengan banyaknya ekonomi kreatif di Kudus yang memiliki nilai pasar, lanjut Bergas, maka akan terjadi transaski ekonomi. Ketika itu terjadi akan ada peningkatan ekonomi.

“Jika terjadi peningkatan ekonomi maka akan tercipta kesejahteraan. Dan, tentunya akan terjadi pengentasan kemiskinan,” katanya.

Baca juga: Turunkan Angka Kemiskinan, Pj Bupati Kudus Akan Berdayakan UMKM

Bergas pun berharap event untuk ekonomi kreatif bisa dipersering. Tidak hanya Haul Habib Ja’far saja, tapi juga haul-haul yang lain.

“Harapanya tak hanya Haul Habib Ja’far saja yang diadakan event Ekraf tapi juga haul-haul yang lain,” harap Bergas.

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER