31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Inilah Jenis-Jenis Olahraga yang Cocok untuk Lansia

Ch. Retnaningsih

Dosen Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang

Jumlah orang lanjut usia (lansia) yang telah berusia 60 tahun atau lebih di Indonesia terus meningkat. Data pada tahun 2010 menunjukkan jumlah lansia 18 juta, atau 7,6 persen dari jumlah penduduk. Sedangkan pada tahun 2020, meningkat menjadi 27 juta atau 10 persen dari jumlah penduduk).

-Advertisement-

Pada tahun 2035, jumlah lansia diperkirakan mencapai 40 juta orang, atau sekitar 13,8 persen dari jumlah penduduk (Infodatin-lansia 2022). Pada tahun 2050 diperkirakan jumlah lansia diseluruh dunia akan mencapai sekitar 2 miliar orang.

Besarnya angka pertambahan lansia di Indonesia penting untuk mendapat perhatian. Seiring bertambahnya usia, manusia potensi timbulnya penyakit di dalam tubuh akan semakin besar. Penyakit yang berpotensi menjangkiti lansia, yakni penyakit tidak menular (PTM), misalnya hipertensi, jantung, stroke, dan lainnya.

Konsistensi dalam berolahraga sangat diperlukan untuk meningkatkan kekuatan, fleksibilitas otot

Untuk mendapatkan kesehatan yang optimal maka seorang lansia perlu memperhatikan
kualitas asupan makanannya yang mana ini terkait dengan gizi yang diasup melalui makanan yang dikonsumsi. Hal lain yang diperlukan lansia untuk mendapatkan kesehatan yang prima adalah olahraga.

Olahraga untuk lansia sekitar 150 menit perminggu yang dapat dibagi menjadi 30 menit perhari. Jenis olahraga yang disarankan untuk lansia, seperti berjalan kaki, berenang, yoga, menari atau senam Tai Chi, bersepeda (disarankan sepeda statis), berlatih beban, dan lainnya.

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER