31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Wakil Ketua I DPRD Pati Minta Pemkab Tepati Janji Soal Bonus Atlet Porprov

BETANEWS.ID, PATI – Wakil Ketua I DPRD Pati Joni Kurnianto meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati menepati janjinya soal bonus bagi atlet yang meraih medali dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah 2023.

Kalau memang pemkab telah menjanjikan bonus, menurutnya, entah bagaimana caranya hal itu harus dipenuhi.

Baca Juga: Perhutani Pati Tetapkan Siaga Kebakaran Hutan, KPH Regaloh Paling Rawan

-Advertisement-

“Jangan sampai tidak dipenuhi, nanti malah jadi preseden buruk. Nah nanti atlet tidak percaya kepada kita lagi. Kebetulan saya juga memegang banyak cabor dan hal itu juga menjadi beban. Jangan sampai lah molor-molor, nanti kasihan atletnya,” ujar Joni.

Lelaki yang juga tercatat sebagai Ketua Persatuan Lawn Tennis Indonesia (Pelti) Pati tersebut menegaskan, bahwa apresiasi bagi atlet adalah semangat kebersamaan, agar atlet ke depan semakin serius. Sehingga, ketika ditarget, mereka mau bekerja keras.

“Sekali kita mblenjani, itu akan jadi preseden buruk. Nanti atlet tidak percaya lagi kepada kita,” ungkapnya.

Terkait pemberian bonus, ia pun menyebut belum tahu skemanya seperti apa.

“Kita pelajari dulu bagaimana, pemkab dan KONI ini membuat skemanya seperti apa. Bertahap gak papa, tapi yang penting selesai,” imbuhnya.

Justru ia menyoroti kegiatan upacara Agustusan. Ketika itu, katanya yang diundang hanya atlet dapat emas, yang lain tidak diundang.

“Kasihan gitu lho, jangan dibeda-bedakan, mereka juga pejuang. Jangan seperti itu lah, harus diemong, jangan jadi ketidakseimbangan,” ucapnya.

Untuk diketahui, pembayaran bonus atlet belum bisa dilakukan secara keseluruhan tahun ini. Mereka yang meraih medali yaitu, ada 46 atlet yang mendapatkan medali emas, 43 perak dan 69 perunggu.

Setiap atlet peraih medali emas dijanjikan bonus Rp50 juta per medali, kemudian peraih medali perak dijanjikan Rp30 juta per medali, dan peraih medali perunggu dijanjikan Rp15 juta per medali.

Bonus itu rencana diambilkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pati. Apabila melihat raihan medali itu, total Pemkab Pati harus menggelontorkan Rp4.625.000.000 untuk bonus atlet itu.

Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro memastikan, pembayaran bonus itu akan dipenuhi. Meskipun pembayaran bonus dilakukan secara beberapa tahap.

Baca Juga: Soal Penanganan Bencana, Muh Zen: ‘Bukan Hanya Tanggung Jawab BPBD’

Ia menyatakan, pada tahap pertama akan dianggarkan melalui APBD 2023 dan sisanya pada APBD 2024.

“Atlet, baru sebagian sudah kami masukkan di KONI, tapi belum tuntas. Kami program lagi. Paling cepat 2024. Sebagian kami serahkan 2023 dan sebagian 2024,” ungkapnya belum lama ini.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER