31 C
Kudus
Kamis, Februari 22, 2024

4,2 Ton Beras di Balai Desa Banget Ludes Diangkut Ratusan Warga

BETANEWS.ID, KUDUS – Waktu menunjukan pukul 21.00 WIB, saat ratusan warga terlihat memenuhi halaman Kantor Balai Desa Banget, Kecamatan Kaliwungu, Kudus. Sambil menunggu namanya dipanggil, warga yang berdiri maupun duduk di sekitar balai desa itu tampak saling bercengkerama dengan wajah semringah. Mereka tak lain adalah warga yang menerima bantuan beras cadangan pangan pemerintah (CPP) sebanyak 10 kilogram.

Satu di antara sejumlah pria yang mengawasai proses penyaluran bantuan itu yakni, Nor Khanis (35), selaku pendamping Program Keluarga Harapan (PKH). Ia menjelaskan, bahwa ada 420 warga Desa Banget yang mendapat bantuan tersebut.

“Ini tadi dimulai pukul 20.00 WIB. Warga yang mau mengambil beras harus membawa undangan dan fotocopi KTP,” terang warga Desa Setrokalangan, RT 1, RW 2, Kaliwungu, Kudus itu.

Baca juga: 55.444 Keluarga di Kudus Dapat Bantuan Beras 10 Kg Selama 3 Bulan

Menurutnya, warga sangat antusias. Bahkan, sebelum pukul 20.00 WIB sudah berbondong-bondong datang ke balai desa.

“Saya habis tarawih langsung ke balai desa, warga sudah ramai. Alhamdulillah berjalan lancar, kemungkinan selesai pukul 22.00 WIB,” ungkapnya, Kamis (13/4/2023).

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 55.444 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Kudus akan menerima bantuan beras cadangan pangan pemerintah (CPP) selama tiga bulan (April-Juni). Dalam bantuan yang didistribusikan oleh Bulog itu, setiap keluarga akan menerima beras 10 kilogram per bulan dengan total beras yang dibagikan adalah 554,4 ton.

Baca juga: Demi Bantuan Beras 10 Kg, Yeni Rela Izin Kerja dan Antre Berjam-Jam

Kepala Bidang Pemberdayaan Kelembagaan Sosial dan Keluarga Miskin pada Dinas Sosial P3AP2KB Kabupaten Kudus, Yuni Saptorini, memgungkapkan, bantuan ini sudah mulai dikirimkan ke sembilan kecamatan sejak hari Rabu (12/4/2023).

Pihaknya menjelaskan, bahwa penerima bantuan CPP ini sama dengan penerima bantuan PKH hingga BPNT dari pemerintah pusat sebelumnya. Para penerima ini telah ditentukan dari pusat sesuai dengan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang ada. Selain beras, bantuan CPP juga akan berupa daging ayam hingga telur ayam ras kampung.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER