31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Keistimewaan Kopi dari Lereng Muria yang Sukar Ditemui di Tempat Lain

BETANEWS.ID, PATI – Kopi Indonesia terkenal dengan jenisnya yang beragam dan cita rasanya yang sudah mendunia. Hal ini pula yang membuat Indonesia menjadi salah satu negara penghasil kopi terbaik dan terbesar di dunia.

Bicara soal kualitas jenis kopi di Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi, termasuk kopi dari lereng Pegunungan Muria.

Salah satu daerah di wilayah Pegunungan Muria yang merupakan penghasil kopi adalah Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati. Nah, tahukah Anda kalau kopi dari lereng Pegunungan Muria memiliki keistimewaan dibanding dengan kopi lokal lainnya.

Baca juga: Harga Kopi Khas Lereng Muria Tembus Rp31 Ribu per Kilogram

Sokib, Ketua Kelompok Tani Dadi Mulyo Desa Tajungsari, Kecamatan Tlogowungu, Pati menyebut, kopi dari lereng Pegunungan Muria memiliki beberapa keunggulan.

“Kopi lereng Pegunungan Muria ini bijinya agak kecil-kecil, dan kalau diproses sendiri itu rasanya lebih mantap. Lebih pahit dan lebih mantap dibanding kopi dari luar Pegunungan Muria,” ujar Sokib.

Ia bersama kelompok taninya, katanya juga memproses sendiri kopi hingga siap untuk diseduh. Pihaknya, saat ini juga sudah memiliki alat untuk me-roasting kopi yang mumpuni.

Baca juga: Cerita Mutrikah Awal Branding Kopi Muria, Pernah Dibilang Hanya Omong Kosong

Untuk biji kopi yang sudah diroasting dengan kemasan 500 gram, ia jual mulai harga dari Rp32 ribu hingga Rp45 ribu.

Menurutnya, peminat kopi dari lereng Pegunungan Muria justru banyak dari luar Jawa, di antaranya Lampung, Palembang, dan Jambi.

“Kalau kita jual untuk kopi yang sudah olahan itu lewat online ya. Sejauh ini paling banyak peminatnya justru dari luar pulau Jawa,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER