31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Harga Kopi Khas Lereng Muria Tembus Rp31 Ribu per Kilogram

BETANEWS.ID, PATI – Harga kopi di tingkat petani saat ini mencapai Rp31 ribu per kilogram. Angka tersebut meningkat dari sebelumnya di kisaran harga Rp25 ribu hingga Rp28 ribu.

Sokib, Ketua Kelompok Tani Dadi Mulyo Desa Tajungsari, Kecamatan Tlogowungu, Pati mengatakan, harga kopi di tingkat petani mengalami kenaikan sejak awal 2023 lalu.

Sokib sedang memanen kopi di lahan miliknya. Foto: Kholistiono

“Kenaikan harga ini karena memang produk kopi di petani mulai berkurang, sedangkan permintaan cukup banyak. Ini mungkin yang menjadi faktor naiknya harga. Kalau 2022 lalu masih di harga Rp25 ribu sampai Rp28 ribu,” ujar dia saat ditemui di rumahnya, Kamis (16/3/2023).

-Advertisement-

Baca juga: Awalnya Iseng Maskeran Gunakan Ampas Kopi, Irma Malah Dapat Ide Rintis Japan Beauty Masker

Sedangkan untuk cuaca, ia menyebut tak begitu memengaruhi kenaikan harga kopi. Sebab, saat ini sudah paskapanen. Petani juga sudah memiliki stok produk kopi kering di rumah masing-masing.

Tidak cuma harga yang mengalami kenaikan, produksi kopi katanya juga mengalami peningkatan signifikan, yakni sekitar 80 persen.

“Tahun 2022 kemarin, produksi kopi itu bisa dibilang naik drastis ya dibanding 2021 lalu. Faktornya ya mungkin cuaca kemarin itu kan hujan, jadi bunga kopi tidak sampai kering dan jadi buah lagi. Sehingga hasil panen juga meningkat,” kata Sokib.

Baca juga: Awalnya Cuma Reseller, Ketekunan Cholil Berbuah Punya Usaha Kopi Tempur yang Kini Makin Laris

Menurutnya, untuk sekali panen, petani bisa menghasilkan kopi hingga 60 ton. Jumlah tersebut, untuk estimasi 1 hektare.

“Kalau hasil panen sih sebenarnya tergantung luasan lahan petani. Ya ada yang 10 ton, 30 ton hingga 60 ton. Tapi kalau kalau estimasi per satu hektarenya ya bisa dapat 60 ton,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlsin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER