31 C
Kudus
Jumat, Maret 29, 2024

Hartopo Minta Anggota PPS Pemilu 2024 Jangan Sampai Khianati Suara Rakyat

BETANEWS.ID, KUDUS – Bupati Kudus HM Hartopo meminta anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 untuk tak khianati suara rakyat karena tak netral saat proses pemilihan. Dirinya menekankan anggota PPS harus memegang teguh SOP agar pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan lancar dan kondusif.

“Tadi sudah disampaikan Ketua KPU, panjenengan semua harus netral. Sebagai penyelenggara pemilu, jangan berpihak dan jangan ada unsur subjektif. Harus objektif agar pelaksanaan pemilu berjalan lancar dan kondusif,” tegasnya kala menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota PPS di Lapangan Sepakbola Desa Rendeng, Selasa (24/1/2023).

Sebelumnya, Hartopo mengatakan bahwa anggota PPS yang terpilih telah melalui serangkaian proses seleksi. Dirinya juga meyakinkan bahwa selama proses seleksi, telah berlangsung secara murni tidak ada rekomendasi dari siapapun.

Baca juga: Lantik Anggota PPS Pemilu 2024, Ketua KPU Demak: ‘Yang Berafiliasi dengan Partai Akan Disanksi’

“Saya pastikan dengan adanya assessment kemarin, mulai seleksi, wawancara, dan tahapan lainnya telah dilalui secara objektif dan natural. Tidak ada rekomendasi dari siapapun,” katanya.

Oleh karena itu, hartopo berharap PPS dapat bekerja dengan baik sesuai tupoksi sebagai penyelenggara pemilu. PPS juga diminta dapat memahami permasalahan politik dengan baik, karena akan terjun ke lapangan secara langsung untuk memberikan pemahaman pada masyarakat.

“Pemilu ini mencerminkan suara dan harapan rakyat. Untuk itu, saya pesan jaga hubungan baik dengan semua pihak. Profesionalisme dan integritas panjenengan menentukan masa depan bangsa karena panjenengan harus turun lapangan memberikan pemahaman pada masyarakat,” pesannya.

Terkait politik uang, Hartopo tidak setuju dengan budaya tersebut. Oleh karena itu, PPS diminta untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat supaya memilih figur pemimpin dari rekam jejak yang ada.

Baca juga: Bawaslu Jateng Soroti Praktik Politik Uang yang Masih Marak saat Pemilu

“Maka dari itu, berikan pemahaman kepada masyarakat agar memilih figur pemimpin dari rekam jejak, bukan semata dari nominal yang bisa ditawarkan dalam amplopan,” pintanya.

Ketua KPU Kudus Naily Syarifah mengatakan, hari itu pihaknya melantik 396 anggota PPS. Dirinya berpesan untuk seluruh anggota dapat melaksanakan tugas dengan baik.

“Laksanakan tugas yang diberikan KPU dengan baik. Selamat bertugas, semoga diberikan kelancaran dan kemudahan,” ucapnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
133,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER