31 C
Kudus
Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaSOLOJembatan Mojo Kembali...

Jembatan Mojo Kembali Dibuka, Sukiman Kini Tak Perlu Memutar Jauh saat Hendak ke Solo

BETANEWS.ID, SOLO – Senyum semringah terpancar jelas dari wajah Sukiman (63) saat untuk pertama kalinya kembali melintasi Jembatan Mojo yang kembali buka, Jumat (2/12/2022). Dengan melewati jalur itu, ia kini tak perlu lagi memutar jauh ketika hendak ke Solo dari rumahnya di Sukoharjo.

Sebelumnya, jembatan tersebut dilakukan perbaikan sejak 26 September 2022 lalu lantaran sudah tidak layak untuk dilalui. Oleh sebab itu, banyak masyarakat Solo yang hendak bepergian ke Sukoharjo ataupun sebaliknya harus melewati jalur alternatif.

Sukiman saat melintasi Jembatan Mojo yang kembali dibukai usai direnovasi, Jumat (2/12/2022). Foto: Khalim Mahfur

Pada saat jembatan diperbaiki, Sukiman mengaku harus melalui jalur lain yakni di daerah Bekonang untuk pergi ke Solo. Tentunya perjalanan yang dilaluinya memakan waktu yang lebih lama, yakni mencapai 30 menit.

Baca juga: Jembatan Sasak di Bengawan Solo Ini Jadi Jalur Alternatif Ribuan Warga Solo-Sukoharjo Setiap Hari

“Ya dari teman-teman WA (WhatsApp) gitu (informasi pembukaan). Kebetulan pergi lewat sini. Sekarang lebih bagus, senang,” kata Sukiman.

Sebagai informasi, Jembatan Mojo telah kembali dibuka pada Jumat (2/12/2022) sekitar pukul 10.00 WIB. Pada saat jembatan dibuka, banyak kendaraan yang langsung memadati kedua ruas jalan.

Di tempat lain, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo, Nur Basuki menerangkan, jembatan itu ditutup dari 26 September sampai 30 Oktober 2022 untuk melakukan penggantian pelat beton menjadi baja Otrotopik. Penggantian pelat ini bertujuan untuk menambah kemampuan jembatan dalam menahan beban kendaraan yang lewat.

Basuki mengatakan, untuk perbandingan jembatan lama dengan yang baru ini berdasarkan goyangan sangat jauh berbeda. Dulunya jembatan yang dilalui kendaraan 20 ton dengan kecepatan 40km/jam menimbulkan goyangan selama 210 detik.

Baca juga: Jembatan Wonokerto Demak Akan Beroperasi Mulai Hari Ini

“Jauh berbeda, dulu lebih dari 3 menit goyangan berhenti, ini masih bergoyang tapi tidak mengerikan seperti dulu,” kata dia.

Basuki menyebut, proses pembangunan jembatan ini selesai sesuai target dengan menelan anggaran Rp28 miliar. Pemeliharaan jembatan akan dilakukan setiap tahun untuk mengencangkan baut atau mur yang berada di bawah jembatan.

“Untuk baut kita akan cek tiap tahun, kemudian kerangka ini nanti akan kita cat. Ini kami juga uji statis dan dinamis sekitar dua hari lagi. Untuk dinamis kita uji dengan kendaraan yang lewat ini,” jelasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
100,000PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler