31 C
Kudus
Senin, Juli 22, 2024

Ini Dia 3 Finalis Lomba Desain Logo Solo The Spirit of Java

BETANEWS.ID, SOLO – Dalam rangka mendukung keberlangsungan City Branding di Kota Solo, Pemerintah Kota Solo mengadakan lomba pembuatan desain logo dan maskot ‘Solo The Spirit of Java’. Di lomba yang dimulai pada 15 November itu, para yuri telah memilih tiga desain untuk dilakukan uji publik di akun media sosial Pemkot Solo dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Koordinator tim teknis lomba desain ulang logo Solo The Spirit of Java dan maskot Kota Solo, Irfan Sutikno menerangkan, ada 495 pendaftar untuk logo, dan 96 untuk maskot. Uniknya, peserta yang menjadi finalis malah didominasi dari luar Kota Solo. Dari ketiga logo yang masuk ke uji publik, hanya satu yang merupakan karya warga setempat.

“Asal peserta variatif, mayoritas di luar Solo. Uji publik itu memberi masukan tapi keputusan tetap di tangan dewan yuri,” bebernya saat jumpa pers di lobi Balai Kota Solo, Kamis (1/12/2022).

-Advertisement-

Baca juga: Pemkot Solo Gelar Lomba Desain Logo HUT ke-278, Total Hadiah Rp16 Juta

Yuri lain, Andre Noevi Rahmanto menerangkan, ada delapan indikator yang harus dipenuhi oleh peserta, meliputi impersi visual atau punya kesan menarik kepada Kota Solo, punya makna dan filosofi, bisa dipakai di semua platform cetak elektronik digital, bisa dipakai dalam waktu panjang antara tiga sampai lima tahun.

“Terus ada penjelasan secara rasional, itu maknanya apa kemudian typography makna bentuk, ada penjelasan filosofisnya. Selain itu, desain logo juga harus kekinian dan sesuai dengan visi dan misi Pemkot Kota Solo,” lanjutnya.

Di lain kesempatan, Gibran mengatakan bahwa logo-logo yang masuk dalam tahap uji publik sudah bagus. Ia juga mempersilakan kepada warganet untuk memberikan masukan.

Logone apik nanti akan kita upload 3 logo terbaik 3 maskot terbaik yang nanti nitezen dan lain-lain silakan memberikan masukan,” ujarnya.

Baca juga: Lokananta Akan Jadi Sentra Kreativitas Musisi, Seniman, dan UMKM

Menurut Gibran, logo tersebut boleh dicantumkan di semua kop surat, merchandise dan sebagainya. Sebab, logo tersebut mengikuti maskot Kumamon, maskot jepang yang bersifat bebas dari copyright.

Copyright-nya free bisa dipakai di bungkus, misalnya di bungkus keripik UMKM ditempel di mana-mana. Misale pengen branding mobile nganggo logo sing baru silakan bebas. Ditaruh di mana-mana bebas,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER