31 C
Kudus
Jumat, Maret 29, 2024

Ada 638 Kasus HIV/AIDS di Kudus, Dinkes Gencarkan Program Skrining Gratis di RS dan Puskesmas

BETANEWS.ID, KUDUS – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus terus berupaya melakukan kampanye pencegahan HIV/AIDS yang kasusnya terus meningkat. Salah satunya melalui senam zumba di acara car Free day (CFD) Alun-Alun Kudus, Minggu (11/12/2022).

Kepala DKK Kudus, Andini Aridewi menyebut, saat ini ada 638 kasus HIV/AIDS di Kudus yang terbilang cukup tinggi. Maka dari itu, pihaknya mendorong semua warga untuk rutin cek kondisi tubuhnya di seluruh rumah sakit dan puskesmas.

“Hasil skrining bisa langsung diketahui. Oleh karenanya, jika masyarakat merasa ada indikasi klinis atau gejala-gejala yang mengarah ke HIV/AIDS atau kondisi sosial yang berisiko terkena HIV/AIDS bisa melakukan pemeriksaan skrining awal di semua faskes di kudus, gratis,” tegasnya.

Baca juga: ‘Jajan’ Tak Pakai Kondom Hingga Hubungan Sesama Jenis, 61 Pria di Kudus Tertular HIV/AIDS

“Prinsip sebetulnya adalah bagaimana bisa melakukan pencegahan dan deteksi sedini mungkin. Pasalnya, kasus HIV/AIDS ini seperti fenomena gunung es. Makanya menemukan kasus sedini mungkin itu lebih bagus, agar antisipasi penyebarluasannya lebih mudah dilakukan,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga selalu mengkampanyekan gerakan STOP untuk HIV/AIDS, yaitu Suluh, Testing, Obati, dan Pertahankan.

Suluh maksudnya, memberikan penyuluhan dan informasi kepada masyaakat, memberikan edukasi terkait HIV/AIDS. Setelah dkedukasi, masyarakat yang merasa bergejala dengan sukarela melakukan T, yakni testing.

Baca juga: Jumlah Remaja Pengidap HIV AIDS di Kudus Terjadi Lonjakan

Kemudian, ketika testing bisa dilakukan dengan optimal, hasil skrining bisa ditangkap seluas-luasnya maka bisa dilakukan O yakni obati. Dengan pengobatan, diharapkan angka harapan hidup dengan HIV/AIDS itu bisa optimal, fungsi produktivitasnya juga optimal.

“Setelah itu P, pertahankan. Jangan sampai mereka pengidap HIV/AIDS kondisinya jadi drop dan meninggal,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
133,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER