31 C
Kudus
Selasa, November 29, 2022
BerandaKUDUSRevitalisasi Taman Menara...

Revitalisasi Taman Menara Kudus Diklaim Akan Berikan Banyak Manfaat ke Warga

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) bulan ini akan mulai merevitalisasi Taman Menara. Revitalisasi yang diperkirakan menelan anggaran kurang lebih Rp686 juta itu diklaim bisa memberikan banyak manfaat kepada warga sekitar.

Kepala Disbudpar Kudus Mutrikah menuturkan, konsep revitalisasi Taman Menara Kudus akan disesuaikan dengan Kawasan Menara sebagai Wisata Religi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus Mutrikah. Foto: Rabu Sipan

“Nanti di Taman Menara juga terdapat panggung. Nah, di panggung itulah nantinya sering diadakan kegiatan seni budaya yang tentunya warga sekitar bisa mendapatkan pemasukan dari kegiatan tersebut,” ujar Tika saat saat sosialisasi relokasi pedagang Taman Menara Kudus di Aula Taman Krida Kudus, Selasa (8/11/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Direlokasi Permanen, Pedagang Ogah Pindah dari Taman Menara Kudus ke Terminal Bakalankrapyak

ketika ada kegiatan, misal kebudayaan, lanjut Tika, biasanya pasti ada tamu serta penonton. Dari tamu dan penonton itulah warga sekitar yang jualan jadi ramai, warga juga bisa mendirikan tempat parkir dadakan selama acara berlangsung.

“Contohnya, setiap ada kegiatan keramaian di Kudus pasti masyarakat sekitar mendapatkan efeknya, yakni berupa peningkatan ekonomi,” jelasnya.

Menurutnya, Taman Menara saat ini keadaannya kurang sesuai jika dijadikan penunjang Kawasan Wisata Religi Menara Kudus. Taman itu menurutnya kurang luas dan dari segi keindahan juga kurang, sehingga kurang menarik bagi para wisatawan.

“Di situ juga kan merupakan jalur utama untuk masuk ke Kawasan Menara Kudus. Jalannya yang berada di antara kios pedagang cukup sempit dan sumpek. Sehingga para wisatawan itu hanya sekedar lewat dan tidak berbelanja.

“Padahal kita inginnya itu wisatawan yang datang selain berziarah juga berbelanja. Karena itu, yang akan meningkatkan perekonomian warga. Lalu, bagaimana mereka mau berbelanja jika lokasinya tak nyaman. Oleh karenanya, revitalisasi ini juga sekalian menata kembali pedagang yang ada di Taman Menara Kudus,” ungkapnya.

Baca juga: Pedagang Terminal Bakalankrapyak Tolak Relokasi PKL Taman Menara Kudus, Ini Alasannya

Pihaknya juga akan memberikan pembinaan kepada para pelaku wisata di Kudus agar bisa menjadi tuan rumah yang cakap. Pelaku wisata di sini tidak hanya pemerintah, tapi juga ada pengelola, pedagang, tukang parkir, bahkan penjaga toilet.

Para pedagang oleh-oleh terutama di Kawasan wisata religi juga harus tahu sejarah. Sehingga, nanti bisa cerita sejarah kepada para wisatawan yang beli dagangannya, begitu juga dengan tukang parkir.

“Tukang penjaga toilet juga berperan. Toiletnya harus selalu bersih. Karena ada sebagian wisatawan yang menilai kebersihan wilayah dan kepribadian warganya melalui kebersihan toilet umum. Makanya, toilet di kawasan wisata harus selalu bersih,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler