31 C
Kudus
Selasa, November 29, 2022
BerandaSOLOKeren! Produk UMKM...

Keren! Produk UMKM Solo Berhasil Ekspor ke Prancis

BETANEWS.ID, SOLO – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melepas produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang akan diekspor ke Prancis di Solo Techno Park, Rabu (9/11/2022). Keberhasilan ini merupakan hasil kerja sama antara Pemerinath Kota (Pemkot) Solo, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), dan Bank Jateng.

402 item yang akan dipamerkan di La Maison de I’indonesie di Paris itu berupa kerajinan tangan, furnitur, tekstil berupa kain pantai, dan produk fashion.

Produk UMKM Solo yang akan diekspor ke Prancis. Foto: Ist

Melalui kerja sama tersebut, Ganjar berharap hal itu dapat menjadi role model bagi wilayah lain. Menurutnya, pola yang diterapkan tidak cukup jika hanya sebatas pameran, tetapi juga harus menjual produk-produk lokal Indonesia.

- Ads Banner -

Baca juga: Dirikan Omah Kreatif, Hesti Ingin Rangkul UMKM Agar Bisa Lebih Maju

“Makanya temanya hari ini dari Expo ke Export, itu menurut saya paling bagus. Dan saya berharap betul nanti di banyak negara, kita punya toko. Banyakin toko Indonesia, banyakin untuk jualan apapun, kuliner, UMKM, apa yang menjadi produk kita,” ucapnya.

Sehingga, dengan cara seperti itu, Ganjar yakin orang-orang di sana akan melihat setiap hari dan tertarik untuk membeli produk yang sesuai dengan yang mereka butuhkan.

“Kita beli toko, kita pasang di sana, sehingga orang akan terbiasa bahwa dia membutuhkan sesuatu dari Indonesia, dia sudah tahu alamatnya. Dan ini  bagian dari cara kita menggerakkan UKM yang ada di Jawa Tengah,” katanya.

Baca juga: Fasilitasi Pelaku UMKM Terhubung dengan Pasar Daring, Pemkot Semarang Luncurkan Aplikasi SI UMI

Bagian Perencanaan Kerja Sama Bisnis dan Informasi UNS Sajidan menambahkan, Prancis merupakan tujuan awal ekspor di pasar Eropa. Selanjutnya, pihak UNS akan menyasar ke negara-negara lain.

“Jadi UNS berperan sebagai internasional hub-nya. Jadi menghubungkan UMKM yang ada di sini dengan luar negeri. Produk-produk ini ada yang dari mahasiswa, ada alumni, ada binaan,” terang Sajidan.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler