31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaSOLOBNPT Minta Pelajar...

BNPT Minta Pelajar Aktif Suarakan Perdamaian di Media Sosial

BETANEWS.ID, SOLO – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI Komjen Pol Boy Rafli Amar menyebut pelajar mempunyai peran penting sebagai duta perdamaian dalam menyampaikan pesan-pesan toleransi, persatuan, dan kesatuan.

Saat ini, pihaknya telah menggandeng 16 provinsi di Indonesia untuk menyuarakan pesan cinta damai di kalangan pelajar. Untuk itu, pihaknya mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) dan lintas kementerian untuk saling bekerja sama.

“Kita berupaya agar narasi-narasi toleransi, damai itu bisa dihasilkan oleh para pelajar. Dan bahkan kami pernah kuga melakukan lomba di kalangan para OSIS di seluruh Indonesia dengan memproduksi konten video yang berisi narasi perdamaian,” kata Boy Rafli saat menghadiri Festival Pelajar Nusantara di Stadion Manahan Solo, Senin (31/10/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Kesbangpol Jateng Resmikan Pusat Layanan Cegah Terorisme

Menurutnya, benih-benih menghargai kemerdekaan bisa diciptakan oleh para pelajar dengan membuat konten video kebhinekaan. Artinya, pelajar juga menjadi pelopor perdamaian, mengajarkan atau menyampaikan pesan-pesan untuk saling menjaga persatuan dan kesatuan.

“Sosmed (sosial media) jangan sampai dipengaruhi oleh narasi yang tidak berkepribadian Indonesia. Yang tidak berkeindonesiaan kita lawan dengan narasi, karena sosmed menjadi ruang publik yang bebas,” katanya.

Baca juga: Mantan Napi Teroris di Yayasan Gemas Salam Dapat Hibah Mobil dari Pemkot Solo

Boy Rafly membeberkan, saat ini konten-konten yang sangat mengganggu kesatuan dan persatuan masih cukup banyak, lantaran unsur pemecah persatuan sengaja dimasukkan oleh orang-orang yang tidak suka persatuan.

“Kita harus waspada. Makanya hari ini karena sosial media telah menjadi ruang publik. Itu kita akan isi dengan konten konten yang berkepribadian indonesia,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler