31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaSOLOY20 Bakal Gelar...

Y20 Bakal Gelar Gaung Muda Indonesia di Solo Pada Momen Sumpah Pemuda

BETANEWS.ID, SOLO – Usai disepakati deklarasi pemuda G20 di KTT Youth 20 (Y20) Indonesia pada Juli lalu di Jakarta dan Bandung, Y20 kembali menggelar pertemuan akbar untuk membumikan dan menindaklanjuti hasil kesepakatan para pemuda dunia tersebut.

Kegiatan kepemudaan “Gaung Muda Indonesia” dilaksanakan di Kota Solo bertepatan dengan momentum Sumpah Pemuda, tepatnya pada tanggal 28-30 Oktober 2022.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan dukungan agar event tersebut bisa menjadi momen bersejarah bagi pemuda Indonesia. Dia meyakini kehadiran Y20 di Solo akan memberikan kesempatan para pemuda Indonesia mengembangkan gagasan yang relevan, baik di forum global dan dalam konteks lokal kedaerahan.

- Ads Banner -

Baca juga: Ini 4 Agenda Utama Forum TIIWG G20 di Solo

“Kami senang bisa menjadi tuan rumah kegiatan pertemuan pemuda nasional. Solo siap menyambut hangat kehadiran para pemuda Indonesia yang akan berkontribusi dalam pembangunan Indonesia di Solo, melalui ide dan gagasan baru yang perlu didengarkan oleh para pemimpin negeri,” ujar Gibran saat konferensi pers Y20 Indonesia di Balai Kota Solo, Jumat (20/10/2022).

Gibran berharap, agar pemuda Indonesia berlaku proaktif dan mengambil peran lebih untuk memanfaatkan momentum kepemimpinan Indonesia di forum besar dunia G20 ini.

“Kepemimpinan Indonesia di G20 adalah momen bersejarah, di mana mata dunia tertuju pada Indonesia. Dalam momen sejarah ini, pemuda Indonesia harus menjadi penggerak utama sejarah bangsa,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bersama Y20 Indonesia, Michael Victor Sianipar menekankan pentingnya pemuda dilibatkan dalam pengambilan keputusan arah pembangunan bangsa.

“Perjuangan pemuda bukan hanya sekadar menghasilkan dokumen rekomendasi kebijakan. Tapi memastikan dokumen tersebut dapat diimplementasikan dengan baik oleh para pemimpin G20 dan oleh kita sendiri sebagai generasi muda,” katanya.

Michael juga menyampaikan bahwa Y20 Indonesia berkomitmen untuk membangun rasa kepemilikan pemuda terhadap kepemimpinan Indonesia di G20.
Dia menjelaskan ada tiga kegiatan besar Youth 20 pada 28 Oktober 2022 dengan mengumpulkan 10.000 pelajar di Stadion Manahan Solo. Penyelenggara menyampaikan kesepakatan Y20 Indonesia 2022. Acara disiarkan langsung melalui RRI seluruh Indonesia.

Kegiatan berikutnya merupakan pemaparan ide dari para pemuda terpilih mengenai implementasi kebijakan dari KTT Y20 Indonesia. Rekomendasi kebijakan KTT Y20 Indonesia 2022 berfokus pada empat isu.

Empat isu itu yakni planet yang berkelanjutan dan layak huni, ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, dan keberagaman dan inklusi. Menurut dia, sejumlah panelis dihadirkan, di antaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Baca juga: Delegasi Forum TIIWG G20 Akan Dimanjakan dengan Kuliner Keraton Solo, Ini Daftar Menunya

Kemudian Antonino Infloreska Jovialsra da Lopez, Andhyta Firselly Utami, Nadya Saib, Tania Soerianto, dan Ricky Silaen. Selanjutnya ada acara seremonial makan malam di Pura Mangkunegaran yang bakal dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kepala Bersama Divisi Program dan Event Y20 Indonesia Rana Baswedan mengungkapkan, selain tiga kegiatan itu, ada rangkaian kegiatan berupa communiqué journey di Balai Kota Solo sampai 30 Oktober 2022.

“Kami akan membuat pesta rakyat seperti mini museum berbentuk kegiatan instalasi yang nyala pada malam hari masyarakat dapat memahami rekomendasi kebijakan KTT Y20 Indonesia 2022 melalui seni,” jelasnya.

Editor: Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler