31 C
Kudus
Selasa, November 29, 2022
BerandaKULINERTahu Gejrot yang...

Tahu Gejrot yang Dijual di Panjang Ini Sambalnya Bikin Nagih

BETANEWS.ID, KUDUS – Di Perempatan Jalan Lingkar Utara, Desa Panjang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, terdapat penjual tahu gejrot yang cukup ramai didatangi pembeli. Di sana, terlihat seorang pria sibuk meracik bumbu tahu gejrot dan melayani pembeli yang datang silih berganti. Pria tersebut adalah Rehan (40) penjual Tahu Sambal Gejrot Sumedang.

Kepada Betanews.id, Rehan bersedia berbagi informasi terkait usahanya tersebut. Ia menyebut menu tahu gejrot di lapaknya merupakan menu baru yang dibuatnya sejak delapan bulan terakhir.

Rehan sedang membungkus tahu di lapaknya. Foto: Erna Safitri

Menurut Rehan, tahu gejrot miliknya mempunyai cita rasa yang berbeda dari tempat lain, lantaran menggunakan tahu sumedang yang memiliki tekstur krispi di luar dan lembut di dalam. Sedangkan untuk bumbunya yang khas pada air gula asamnya yang menggunakan gula jawa dan buah asam.

- Ads Banner -

Baca juga: Cerita Suka Duka yang Sulit Dilupakan Rehan saat Jual Tahu Gejrot dan Tahu Sumedang

“Keunggulannya, dari tahunya kita pakai tahu Sumedang yang lembut, dan luarnya krispi. Untuk bumbunya ada cabai lalaban (cabai hijau), bawang putih, bawang merah, garam dan air gula asam. Air gula asam ini kita pakai gula Jawa asli dan asam asli, bukan asam dari cuka,” beber pria asal Sumedang itu, Kamis (29/9/2022).

Di lapaknya, lanjut Rehan, dirinya juga menyediakan aneka gorengan, di antaranya tahu Sumedang, tahu susur, tahu aci, dan pisang kipas. Untuk pisangnya ia menggunakan pisang kepok.

Untuk harga, kata Rehan, satu porsi tahu gejrot dibanderol Rp10 ribu, lalu tahu Sumedang Rp10 ribu isi 12 biji tahu, untuk tahu aci dan tahu susur Rp5 ribu dapat 4 biji tahu, kemudian pisang kipas Rp5 ribu dapat 2 biji pisang.

“Harganya bisa dibandingkan dengan yang lain untuk tahu Sumedang lebih murah Rp10 ribu dapat 12 biji. Kalau tahu gejrot ini Rp10 ribu satu porsinya,” tuturnya.

Baca juga: Mencicipi Cipak Ayam Suwir, Jajanan Pedas Khas Garut

Pelanggan yang datang kebanyak warga lokal Kudus. Dalam sehari, Rehan bisa menjual 25 hingga 40 porsi tahu gejrot. Sedangkan untuk tahu sumedang ia bisa menghabiskan hingga 5 kotak tahu Sumedang.

Untuk mencicipi tahu gejrot, lapak Tahu Sambal Gejrot Sumedang itu buka setiap hari mulai pukul 9.00 WIB hingga 21.00 WIB atau sampai habis.

“Tidak tentu, kalau tahu gejrot hari biasa 25 porsi kalau ramai bisa sampai 40 porsi, sedangkan tahu Sumedang menghabiskan 5 kotak tahu, per kotak sekitar 120 biji tahu Sumedang,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Erna Safitri
Erna Safitri
Erna Safitri adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di IAIN Kudus Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler