31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Nikmatnya Sambel Mak Ram yang Pedas, Manis, Asin Ini Bikin Pengen Nambah Nasi Terus

BETENEWS.ID, KUDUS – Di dapur sebuah rumah yang berada di Desa Gondosari RT 1 RW 8, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, terlihat seorang perempuan sedang menggoreng cumi dan petai. Tak berselang lama, ia memasukkan sambal terasi dan menumisnya bersama dengan cumi dan petai itu.

Rupanya, ia sedang membuat salah satu varian Sambel Mak Ram yang terkenal dengan rasa khas pedas, manis, asin. Ia adalah Ishmatul Muhanna (31), owner Sambel Mak Ram.

Hanna sedang mengemas Sambal Mak Ram yang akan segera dikirim untuk pembeli. Foto: Erna Safitri

Kepada Betanews.id, Hanna sapaan akrabnya menjelaskan, sambel buatannya itu memiliki cita rasa khas yang berbeda dari sambal lainnya. Rasanya yang pedas, manis, asin membuat siapa saja tergugah ingin menyantapnya dengan sepiring nasi panas.

-Advertisement-

Baca juga: Ayam Goreng Kampung di Warung Entog Asap Cowbois Ini Rasanya Gurih Dagingnya Juicy

“Keunggulan kita selain dari rasanya yang nikmat, pedas, manis, asin juga kita tidak menggunakan MSG dan menggantinya dengan kaldu jamur yang aman serta tanpa bahan pengawet,” jelasnya, Kamis (20/10/2022).

Sambel Mak Ram ini terbuat dari cabai merah, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, terasi, tomat dan tambahan baby cumi asin serta petai. Dalam sekali proses pemasakan sambal, Hanna biasa membuat 20 porsi.

“Proses bikin dan bahanya hampir sama seperti bikin sambal pada umumnya, pembeda hanya tambahan baby cumi asin dan petainya saja yang nanti digongso,” bebernya.

Di rumahnya, Hanna membuat tiga varian Sambel Mak Ram, yaitu sambal baby cumi petai, sambal baby cumi dan sambal petai. Sambal ini dikemas dalam jar plastik berukuran 200ml.

“Untuk varian sambal baby cumi petai dan sambal baby cumi Rp25 ribu, untuk varian sambal petai Rp17 ribu,” jelasnya.

Hanna menuturkan, satu jar Sambel Mak Ram ini bisa diperuntukkan untuk tujuh orang. Sambal ini bisa bertahan sehari dalam suhu ruangan, satu minggu dalam chiller atau kulkas dan satu bulan dalam freezer.

Baca juga: Diambil dari Filosofi Warna Gerobak, Siomay Pelangi Bikin Pelanggan Jatuh Hati

Selain sambal, Hanna juga membuat aneka snack box, nasi kuning, nasi bakar, dan yang terbaru nasi uduk ungu. Nasi uduk ungu ini dibuat dengan menggunakan air rebusan ubi ungu, Nasi uduk ungu disandingkan dengan lauk sambal goreng kentang, niger, telur dadar rawis, lalapan timun, dan selada.

“Snack box inibiasanya dipesan untuk acara ulang tahun, Jumat berkah, dan lainnya,” beber dia.

Bagi yang ingin merasakan Sambel Mak Ram, bisa memesan melalui Instagram dan Facebook Mbornesdotcom atau WhatsApp di 0816-288-605 dengan sistem Pre-order, dan COD dengan minimal order 3 porsi sambal.

“Penjualan saat ini masih di Kudus dan Jepara, dengan sistem pre-order, jadi kami bikinnya selalu fresh.  Omzet penjualan dalam sebulan itu sekitar Rp2 juta atau habis 200 jar sambal dalam sebulan,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Erna Safitri
Erna Safitri
Erna Safitri adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di IAIN Kudus Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER