31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Mencicipi Kuliner Enak dan Menyehatkan di Warung Mbak Ratna, Sego Pecel Pakai Nasi Merah

BETANEWS.ID, DEMAK – Di Jalan Raya Demak-Kudus, Desa Tanubayan, Kecamatan Bintoro, Kabupaten Demak, terdapat penjual nasi pecel khas Jawa Timur. Tampak beberapa pembeli menikmati nasi pecel di warung yang berada di dekat gedung Bioskop New Star Cineplex (NSC) Demak. Uniknya, nasi pecel di warung Mbak Ratna ini, menggunakan nasi merah.

Penjual Nasi Pecel Ratna Dewi mengatakan, nasi merah sengaja dipadukan dengan pecel, lantaran memiliki banyak khasiat yang baik bagi tubuh. Tidak hanya itu, nasi pecel merah juga tergolong jarang ditemukan di Demak dan memiliki tampilan cantik saat disajikan.

Ratna Dewi sedang menyiapkan menu sego pecel nasi merah. Foto: Sekarwati.

Baca juga: Nasi Pecel Bu Endang Khas Solo, Jualan di Pinggir Jalan yang Omzetnya Jutaan Sehari

“Pecel kan termasuk makanan sehat ya yang penuh dengan kaya serat dan sayur-sayuran. Jadi saya mencetuskan ada nasi merah, karena nasi merah berkhasiat bagus untuk tubuh kita yang tentunya cocok dipadukan dengan sayuran pecel,” katanya pada Betanews.id, Senin (24/10/2022).

Terdapat berbagai isian sayur yang segar, di antaranya bayam, kacang panjang, daun pepaya, kembang turi, kecambah, mentimun, kemangi, dan petai Cina. Untuk satu porsi nasi pecel merah dijual dengan harga Rp 10 ribu dan nasi pecel putih Rp 8 ribu.

“Rasanya ada manis gurihnya dan di sini juga tersedia dua macam sambal, dengan pilihan ada yang pedas, sedang, dan tidak pedas,” imbuhnya.

Berkat idenya itu, nasi pecel merah putih buatan Ratna bahkan sempat viral di Kota Wali. Ia menerangkan, bertepatan dengan 17 Agustus lalu, Ratna memanfaatkan momen tersebut dengan mengkreasikan masakannya.

“Nasi merah putih itu viral karena pas ada momen 17 Agustus, jadi kita mempunyai ide membuat nasi merah putih dipadukan jadi satu seperti warna bendera Indonesia,” terangnya.

Tidak Cuma nasi pecel, di warungnya, Ratna juga menyediakan lauknya yang lengkap. Di antaranya aneka gorengan, mendoan, bakwan, martabak, gembos goreng, perkedel, macam-macam aneka baceman, sate, telur, dan masih banyak lagi

“Sego pecel di sini tergolong khas ya, karena tersedia ada nasi merah dan nasi putih. Tentunya juga ada berbagai macam sayuran yang fresh dengan guyuran sambal yang rasanya khas Jawa Timur,” ujarnya.

Baca juga: Menikmati Pecel Khas Madiun di Warung Mbak Dian Depan UMK

Nasi pecel merah dan putih Ratna ini dalam sehari bisa menghabiskan sekitar 40 porsi. Pembeli tidak hanya dari warga Demak saja, melainkan juga dari luar kota seperti Kudus, Jepara, Rembang, dan Jawa Timur.

“Banyak antusias, alhamdulilah juga banyak yang cocok di lidah terutama rasanya. Jadi sudah banyak dikenal oleh masyarakat dengan ciri khas dari sambel,” ungkapnya.

Nasi Pecel Mbak Ratna ini, buka setiap hari mulai pukul 8.00-17.00 WIB. Pembeli juga bisa memesan secara langsung atau via GoFood dan Grab Food.

Editor: Kholistiono

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER