31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaSOLODinas Kesehatan Belum...

Dinas Kesehatan Belum Temukan Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak di Solo

BETANEWS.ID, SOLO – Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo Siti Wahyuningsih mengungkapkan, sampai saat ini belum ada temuan kasus gagal ginjal akut di Solo. Namun, beberapa waktu lalu ada satu kasus yang diterima RSUD dr Moewardi Solo yang kemudian dirujuk ke RS dr Sarjito Yogyakarta.

Dengan terus bertambahnya kasus gangguan ginjal akut ini, pihaknya akan terus melakukan monitoring ke fasilitas kesehatan (faskes) yang ada di wilayahnya.

“Masyarakat saya harap untuk tetap tenang, bersabar dan minum obat sesuai petunjuk dokter dan membeli obat pada fasilitas kefarmasian yang legal,” kata Siti saat jumpa pers di Balai Kota Solo, Senin (24/10/2022) sore.

- Ads Banner -

Baca juga: Ketua Apoteker Kudus Minta Pemerintah Bijak Soal Larangan Obat Sirup Anak

Siti menegaskan, obat yang dilarang oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang sebelumnya sudah dibeli oleh masyarakat, sebaiknya tidak usah dikonsumsi lagi.

“Kalau sudah terlanjur diminum, ya mau diapakan lagi, tapi jangan diminum lagi. Kalau sudah terlanjur dibeli, ya jangan dikonsumsi, dibuang saja,” tegas Siti.

Dengan banyaknya pemberitaan di media, menurut Siti, masyarakat saat ini lebih berhati-hati dalam membeli obat. Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk saling bertukar informasi dan saling mengawasi agar terlindungi.

“Saya kira peran aktif masyarakat untuk saling mengawasi sangat penting. Kemudian masyarakat juga sadar untuk melindungi dirinya sendiri. Saya kira (obat sirop) mau dijual pun masyarakat juga tidak ada yang membeli,” katanya.

Baca juga: Kasus Gagal Ginjal Pada Anak Meningkat, Kenali Ciri dan Gejalanya

Siti menegaskan, jika ada warga yang mengkonsumsi obat sirop tersebut lebih baik segera dibawa ke fasilitas kesehatan (Faskes) terdekat.

“Teman-teman Puskesmas juga sudah kita instruksikan sama dokter praktek untuk lebih jeli mengamati gejala-gejala awal ini sehingga kalau ditemukan (gejala) langsung dirujuk ke rumah sakit. Rumah sakit sendiri kalau tidak ada fasilitasnya segera di rujuk ke rumah sakit yang lebih tinggi lagi,” ujarnya.

Siti juga mengimbau kepada masyarakat untuk lebih pro aktif dalam mengenali gejala gagal ginjal akut pada anak secara dini.

“Karena ini terbanyak kasus terjadi pada anak-anak sehingga peranan orang tua menjadi sangat vital dalam pengendalian kasus ini,” tandas Siti.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler