31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

BPBD Kota Semarang Kembali Pasang EWS untuk Deteksi Dini Potensi Bencana

BETANEWS.ID, SEMARANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang pada tahun 2022 ini memasang sebanyak 5 unit EWS (Early Warning System) di beberapa titik rawan terjadinya bencana longsor dan banjir. Dengan EWS potensi bencana bisa dipantau selama 24 jam.

Sebelumnya, BPBD sudah memasang 7 EWS di daerah rawan bencana. Lalu di tahun 2022 BPBD kembali memasang 5 EWS, sehingga EWS yang terpasang berjumlah 12 unit.

Baca juga: Antisipasi Bencana, BPBD Jateng Pastikan EWS di Berbagai Lokasi Berfungsi Baik

-Advertisement-

“Penambahan 5 EWS yang terbaru ada di Gayamsari, Jatibarang, Pudak Payung, Banjir Kanal Timur, satunya lagi ada di Tugu Soeharto,” kata Anggie Ardhitya, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Semarang.

Anggie melanjutkan, Kelima EWS dapat terhubung dengan aplikasi Sipantau yang dapat diunduh melalui Playstore. Sehingga masyarakat bisa ikut memantau potensi bencana melalui aplikasi.

Melalui aplikasi tersebut, EWS akan menampilkan grafik potensi bencana yang dilaporkan secara realtime. Dilengkapi dengan CCTV yang akan memberikan foto situasi sekitar setiap 5 detik sekali.

“Grafik itu realtime, termasuk juga ada CCTV, nanti ada fotonya. Walaupun foto ini tidak per detik, tapi kita bikin per 5 detik. Karena itu pakai data, kita pakai provider di sana,” kata Anggie.

Baca juga: Deteksi Dini Adanya Longsor, BPBD Kudus Kembali Pasang EWS

Di samping itu, BPBD Kota Semarang telah membentuk tim respon cepat yang berjaga selama 24 jam di kantor. Tim ini bertugas untuk memantau potensi bencana melalui sistem informasi BPBD.

“Mereka ada 28 orang, kita bagi menjadi 4 shift. Dia 24 jam di kantor,” terangnya.

Anggie menyebutkan, BPBD Kota Semarang telah memetakan daerah rawan bencana. Di antaranya daerah rawan longsor yaitu Kecamatan Candisari, Kecamatan Semarang Selatan, Kecamatan Semarang Barat. Adapun daerah rawan banjir yakni di sepanjang jalur Pantura.

Editor: Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER