31 C
Kudus
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaKESEHATANBIAN MR dan...

BIAN MR dan Kejar di Kudus Lebihi Target Nasional

BETANEWS.ID, KUDUS – Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), untuk Measles Rubella (MR) atau campak di Kabupaten Kudus telah melebihi target nasional. Begitu juga dengan BIAN Kejar yang juga melebihi target nasional.

Sub Koordinator Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Aniq Fuad mengatakan, pada tahun 2022 ada dua pelaksanaan BIAN di Kudus. Yakni BIAN MR dan BIAN Kejar.

Baca juga: 43.272 Balita di Kudus Jadi Sasaran Program Bulan Imunisasi, Agustus Ini Ditarget Bisa Capai 95 Persen

- Ads Banner -

“BIAN Kejar meliputi imunisasi OPV (polio tetes), IPV (polio injeksi), dan DPT-HB-Hib (pentabio). Pelaksanaan BIAN Kejar ini masih berlangsung hingga akhir Desember mendatang,” ujar pria yang akrab disapa Aniq kepada Betanews.id, beberapa hari lalu.

Dia mengungkapkan, pencapaian BIAN MR di Kudus saat ini sudah 97,5 persen atau setara 49.961 balita. Dengan sasaran imunisasi sebanyak 51.238 balita.

“Capaian 97,5 persen itu sudah melampaui target BIAN MR nasional yang sebesar 95 persen,” tandasnya.

Tak hanya BIAN MR, kata dia, hasil apik juga dicapai di BIAN Kejar yang juga melampaui target BIAN Kejar nasional sebesar 80 persen. Dinamakan BIAN Kejar, karena untuk mengejar imunisasi yang belum terealisasi.

Baca juga: Senangnya Rifa dan Azril, Bocah Semarang Ini Dapat Hadiah dari Ganjar Setelah Berani Imunisasi

Imunisasi OPV (polio tetes) per tanggal 4 Oktober 2022 ketercapaiannya sudah 99,15 persen. Sedangkan imunisasi IPV (polio injeksi) di Kudus saat ini sudah 99,31 persen. Sementara untuk DPT-HB-Hib (pentabio) di Kudus saat ini sudah 104,3 persen yang divaksin.

“BIAN Kejar ini sasarannya usia 12-59 bulan. Tujuannya untuk melengkapi vaksin yang belum lengkap. Misalnya polio tetes itu kan seharusnya diberikan empat dosis. Tetapi ada yang baru menerima sampai dosis tiga saja,” imbuhnya.

Editor: Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler