31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaSEMARANGAda Dua Event...

Ada Dua Event Besar di Semarang, Besok Sabtu-Minggu Jalan Pemuda dan Pandanaran Ditutup Sementara

BETANEWS.ID, SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang bekerja sama dengan Satlantas Polrestabes Semarang akan melakukan penutupan Jalan Pemuda dan Jalan Pandanaran pada 29-30 Oktober 2022. Penutupan jalan tersebut karena ada dua event besar yang akan dilaksanakan pekan ini, yakni Semarang Heritage Family Run dan Semarang Flower Festival.

Sekretaris Daerah Kota Semarang Iswar Aminuddin mengatakan, meski kegiatan diadakan akhir pekan, namun penutupan jalan akan dimulai pada hari ini, Jumat (28/10/2022) malam mulai pukul 22.00 WIB. Sehingga, nanti akan ada dua jalur di ruas Jalan Pemuda yang bisa dilalui oleh kendaraan, karena sisa jalur lainnya akan digunakan untuk persiapan penyelenggaraan Semarang Heritage Family Run 2022.

Lalu untuk hari Sabtu besok, sepanjang Jalan Pemuda mulai dari Mall Paragon hingga Lawang Sewu akan ditutup sementara mulai jam 05.00 WIB sampai 09.00 WIB. Sedangkan untuk Jalan Letjen Suprapto Kota Lama juga akan ditutup sementara mulai pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB.

- Ads Banner -

Baca juga: Peringati Pertempuran 5 Hari di Semarang, Beberapa Ruas Jalan Menuju Tugu Muda Ditutup

Pihaknya menjelaskan, Semarang Heritage Family Run merupakan event olahraga yang mengajak segenap keluarga untuk berlari menyusuri Kawasan Kota Lama Semarang sepanjang 6,5 Km. Sepanjang rute event lari tersebut, para peserta dapat melewati kurang lebih 105 bangunan cagar budaya.

“Rute keseluruhan dari Semarang Heritage Family Run 2022 yaitu start di Jalan Pemuda (Balai Kota Semarang), Jalan Imam Bonjol, Jalan Kapten Pierre Tendean (Angklung), Jalan Pemuda, Jalan Imam Bonjol, Jembatan Mberok, Jalan Mpu Tantular (Pintu Air Jatilan), Jalan Merak, Jalan Cendrawasih, Jalan Letjen Suprapto, Jembatan Mberok, Jalan Pemuda, dan finish di Balaikota Semarang,” rincinya.

Dengan adanya penutupan jalan ini, Iswar mengimbau kepada masyarakat agar memperhatikan waktu penutupan jalan dan mencari jalur alternatif.

“Untuk warga yang hari Sabtu masuk kerja dan lokasinya di area Jalan Pemuda sementara bisa memakirkan kendaraan di DP Mall, belakang gedung Balai Kota ataupun samping Lawang Sewu, dan nanti bisa berjalan kaki menuju tempat kerja,” ujar Iswar.

Sementara itu, untuk event Semarang Flower Festival, penutupan jalan akan dilakukan di sepanjang Jalan Pemuda dan Jalan Pandanaran menuju arah Simpang Lima, pada hari Minggu (30/10/2022) mulai pukul 12.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Semarang Flower Festival 2022 merupakan karnaval bunga yang pertama ada di Jawa Tengah. Dalam Semarang Flower Festival 2022, para peserta nantinya akan menghias kendaraan mereka menggunakan bunga, baik bunga segar maupun artifisial.

Baca juga: Hendi Dilantik Jadi Kepala LKPP, Ribuan Karangan Bunga Ucapan Selamat Padati Jalanan Semarang

“Berbeda dengan event Heritage Family Run yang sudah pernah digelar sebelumnya, kalau untuk event Semarang Flower Festival ini beru pertama kali digelar,” katanya.

Selanjutnya kendaraan yang akan berpawai nantinya akan mengawali rute start di Jalan Pemuda (depan Balai Kota), ke Jalan Pandanaran dan finish di bundaran Simpang Lima Semarang. Sehingga nanti Jalan Pemuda dan ruas Jalan Pandanaran ke arah Simpang Lima akan dialihkan mulai dari pukul 12.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Iswar pun berharap, dengan adanya event seperti ini, nantinya tidak hanya untuk menarik lebih banyak pengunjung ke Kota Semarang, tetapi kedua event tersebut diharapkan bisa memberikan rekreasi yang terjangkau untuk masyarakat Kota Semarang.

Editor: Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler