31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaKOMUNITASPuluhan Pelajar dari...

Puluhan Pelajar dari Forum OSIS Kudus Gelar Seminar Manajerial di Sidjicoffee

BETANEWS.ID, KUDUS – Suara lantunan lagu Indonesia Raya terdengar di Sidjicoffee Kudus, Sabtu (17/9/2022). Usai menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, puluhan siswa dari sejumlah sekolah yang mengikuti acara Seminar Manajerial itu tampak dipersilakan duduk. Zidan selaku penyelenggara sekaligus Ketua Forum OSIS Kudus kemudian maju ke depan memberikan sambutan.

Dalam sambutannya, Zidan berharap, agar forum tersebut menjadi wadah bagi pelajar di Kudus untuk belajar dan berlatih tentang organisasi. Di tengah-tengah kesibukan tugas sekolah, para pelajar harus mampu membagi waktu dengan baik untuk berorganisasi.

Valerie Yudistira Pramudya, Pemilik Sidjicoffee berfoto bersama dengan Forum OSIS Kudus. Foto: Ahmad Rosyidi.

Baca juga: Seratusan Pemuda Diskusi Tentang Kewirausahaan di Sidji Coffee

- Ads Banner -

“Mari belajar dari pengalaman kakak Octavia Noor Faiza, anak muda yang memiliki banyak prestasi dalam organisasi pelajar maupun mahasiswa. Selain itu juga ada I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi yang merupakan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) perwakilan dari Jawa Tengah,” terangnya sambil memperkenalkan narasumber acara tersebut.

Acara diskusi dimulai, Octavia Noor Faiza selaku narasumber pertama memaparkan tentang hal-hal yang berhubungan dengan manajemen, leadership dan strategi untuk dapat tetap aktif berorganisasi di sela-sela padatnya tugas belajar.

Penyampaian yang interaktif dengan peserta membuat forum diskusi siang itu menjadi hidup. Banyak tips dan trik yang diberikan dalam mengelola organisasi, di antaranya tentang cara berperilaku saat memimpin sebuah organisasi.

“Sebagai pemimpin harus memiliki kemampuan untuk menemukan dan menyelesaikan persoalan di organisasi yang dipimpin. Jadi harus memiliki pemikiran dua atau tiga langkah ke depan,” pesan mahasiswa yang hanya tinggal menunggu wisuda di Institut Teknologi Kesehatan Cendekia Utama Kudus ini.

Perempuan yang akrab disapa Faiza itu mengungkapkan, bahwa forum-forum seperti ini harus sering diselenggarakan bagi para pelajar Kudus. Menurutnya, kegiatan tersebut dapat meningkatkan kemampuan dalam berorganisasi serta bisa menjadi sarana interaksi antar pengurus OSIS.

I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi, atau yang akrab disapa Firsty yang juga menjadi narasumber, berbagi cerita tentang pengalamannya sebagai Paskibraka. Selama mengikuti seleksi di tingkat lokal sampai terpilih menjadi Paskibra Nasional, menurutnya banyak cerita suka dan duka dalam pelatihan.

“Aku bersyukur kepada Tuhan, bahwa telah menyelesaikan tugas dengan baik. Saya tidak bisa membayangkan jika gagal melaksanakan tugas pada saat itu, pasti akan memiliki penyesalan seumur hidupku,” ungkap remaja berusia 16 tahun yang saat ini merupakan siswa SMA Negeri 2 Kudus, kelas X itu.

Ia juga berpesan kepada para peserta agar jangan pernah menyerah mengejar cita-cita. Selain itu, jangan takut untuk bergabung ke dalam wadah atau komunitas yang mendukung cita-cita itu.

“Kenali diri sendiri untuk menemukan passionsmu, kemudian kejar dan mencari komunitas atau wadah yang bisa mendukungnya. Sebagai generasi muda harus tetap semangat, apapun halangan yang ada, jadikan itu sebagai pemacu untuk mencapai keberhasilan,” pesannya disambut tepuk tangan peserta.

Diakhir acara, Valerie Yudistira Pramudya, Pemilik Sidjicoffee sebagai partner acara tersebut, menyampaikan rasa bangga dan berterima kasih karena telah dilibatkan dalam kegiatan itu. Dia berpesan, agar kehadiran para narasumber dapat dijadikan motivasi peserta untuk mengejar impian dan cita-cita.

Baca juga: Lawan Stunting, Tidar Kudus Gandeng Sidji Coffee Ajak Ibu-Ibu Hidup Sehat

Selain itu, pria yang akrab disapa Valerie itu mengajak para pemuda untuk peduli dalam berkontribusi menjaga kelestarian bumi. Ajakan itu disambut para peserta yang kemudian secara sadar memasukkan botol-botol bekas minuman ke dalam kantong plastik yang dibawa Valerie berkeliling.

“Saya dan Sidjicoffee memiliki komitmen untuk ikut menjaga kelestarian bumi, kami aktif terlibat pengelolaan sampah dengan melakukan pemilahan sampah plastik dan sampah organik. Silakan kita kumpulkan botol-botol bekas minuman air mineral di kantong ini, untuk kemudian kita kirim ke bank sampah,” Ajak Valerie sambil mengangkat kantong plastik di tangannya.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler