31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaUMKMMinyak Kayu Putih...

Minyak Kayu Putih Al A’qsa, Produk dari Kudus yang Miliki Segudang Manfaat untuk Kesehatan

BETANEWS, KUDUS – Pekan UMKM dalam rangka memeriahkan HUT ke-477 Kudus di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, terdapat stan yang menjual minyak kayu putih Al A’qsa yang berproduksi di Prambatan lor, RT 3 RW 1 Gang 3 Kecamatan Kaliwungu, Kudus. Terlihat beberapa pembeli mencoba untuk merasakan aroma terapi dari obat yang berbentuk cair ini.

Menurut Pengelola Produk dan Penjualan Minyak Kayu Putih Al A’qsa Vanhas (38), produknya itu merupakan hasil olahan di bawah binaan yayasan Pondok Pesantren Al A’qsa Desa Lau, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Usaha yang baru berjalan satu tahun itu, telah dipasarkan hingga ke luar pulau Jawa dan terdaftar di Hak Kelayakan Intelektual (HAKI).

Beberapa pengunjung saat melihat stand minyak kayu putih Al A’qsa di Pekan Pameran UMKM di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus. Foto: Sekarwati.

Baca juga: Keopi Tjang, Kedai Tisane Satu-satunya di Jateng yang Punya 82 Varian Teh

- Ads Banner -

“Pelanggan variatif, kemarin ada yang dari luar pulau seperti daerah Sumatera, Kalimantan juga beli, lokasi Jawa Tengah dan Jawa Timur beli. Untuk sementara, paling banyak area Jawa Tengah,” katanya pada betanews.id, Sabtu (10/9/2020).

Berbeda dengan minyak kayu putih lainnya, Al A’qsa memiliki beberapa keunggulan. Vanhas mengatakan, produknya itu tidak mengandung bahan sintesis, kimia, tanpa pengharum ruangan dan dijamin kemurniannya.

“Minyak kayu putih Al A’qsa ini murni tidak ada kandungan sintetis, kimia, pengharum, jadi ini murni dari penyulingan,” ujarnya.

Vanhas menerangkan, minyak kayu Putih Al A’qsa melalui beberapa tahap dalam produksinya. Mulai dari penyulingan, filtrasi, dan pengemasan. Untuk satu ritail ukuran 10 mililiter, dijual dengan harga Rp15 ribu.

“Harga kami jual per ritail 10 mili liter itu Rp15 ribu dan ini pas ada pekan UMKM kita ada promo beli satu gratis satu,” terangnya.

Minyak Kayu Putih Al A’qsa, selain digunakan untuk obat luar, juga aman untuk bayi dan dapat dikonsumsi ketika dicampurkan teh atau jahe. Vanhas menjelaskan, terdapat beberapa manfaat setelah menggunakannya, seperti meredakan gatal, mual, pusing, masuk angin, dan lain-lain.

“Manfaatnya untuk meredakan gejala flu, gatal akibat gigitan serangga, pusing, mual-mual, dan masuk angin. Selain itu bisa dioleskan ketika kena luka sayatan seperti pisau, nah itu bisa membantu menghentikan dari luka sayatan,” jelasnya.

Baca juga: Teh Jagad Probiotik Jualan Kastono Ini Jadi Buruan Warga yang Butuh Obat Berbagai Penyakit

Pembeli dapat memesan Minyak Kayu Putih Al A’qsa secara online, yang bisa digunakan untuk hadiah oleh-oleh dan souvernir nikahan maupaun lahiran anak. Vanhas menyebutkan, ia menyediakan layanan di market place, Lazada, Facebook Janas Kds, Instagram @alaqsa_essential_oil, dan WhatsApp 082133466282.

“Untuk penjualannya kita sudah ada beberapa toko obat dan beberapa apotik, agen-agen, dan via online di market place, lazada, Facebook, Janas Kds,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler