31 C
Kudus
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaSEMARANGHijaukan Kota, Pemkot...

Hijaukan Kota, Pemkot Semarang Targetkan Punya 1.000 Proklim di Akhir Tahun

BETANEWS.ID, SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang harapkan Program Kampung Iklim (Proklim) menjadi langkah penghijauan kota lebih cepat. Program tersebut digeber di 16 kecamatan dengan menggandeng 177 kelurahan dengan 10.436 RW.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang Bambang Suranggono menargetkan ada 1.000 proklim pada akhir 2022. Salah satu cara untuk menggalakkan program ini adalah adanya pemilihan proklim terbaik.

“Kegiatan pemeringkatan ini bertujuan untuk mengetahui kampung mana yang sudah mengalami perubahan iklim karena penghijauan serta memotivasi wilayah lain yang belum menggalakan program tersebut,” beber dia saat ditemui di Kampung Tambaklorok, Rabu (14/9/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: 20 Ruang Karaoke di Pasar Klitikan Penggaron Dibongkar Satpol PP Semarang

Untuk tahun ini, proklim terbauk jatuh pada warga RW 15 Tambaklorok, Kelurahan Tanjungmas, Semarang Utara. Warga setempat dianggap berhasil mengubah taman sepanjang 370 meter menjadi indah dan memberikan suasana asri. Atas keberhasilan itu, proklim Kampung Tambaklorok akan mewakili Semarang maju di tingkat nasional 2023 mendatang.

Ketua RW 15 Tambaklorok, Slamet Riyanto menjelaskan, alasan yang mendasari muncul ide tersebut berawal dari kunjungan presiden Joko Widodo dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di wilayahnya dengan membawa program kebersihan. Setelah adanya kunjungan tersebut, masyarakat mulai bertekad untuk mengubah wilayah mereka jadi lebih baik dan tidak dipandang kumuh oleh masyarakat luar.

“Sejak itu kita sepakat kalau wilayah yang kumuh itu dibikin taman. Selain itu, karena saya RW dan asli lahir dari sini, kepingin mengubah ini konotasi kampung nelayan kumuh itu,” ungkapnya.

Baca juga: KNTI Minta Ada SPBN di Tambakrejo, Mustakim: ‘Selama Ini Nelayan Sulit Dapatkan Solar’

Sebagai informasi, program pemeringkatan kali ini diserahkan kepada 5 RW di Wilayah Semarang. Hadiahnya berupa piagam, piala, serta uang tunai.  Peringkat pertama KSM Bahari RW XV Tanjung Mas Semarang Utara menerima uang tunai Rp13.750.000. Peringkat kedua KSM Jati Manunggal RW II Jatirejo Gunungpati Rp11.000.000. Kemudian Peringkat ketiga Bank Sampah Melati Gumregah RW IV Lamper Tengah Semarang Selatan Rp8.250.000. Peringkat ke empat Bank Sampah Lumintu Mijen, Kecamatan Mijen Rp6.600.000. Terakhir Peringkat ke lima Bank Sampah Mawar RW V Patemon Gunungpati Rp6.050.000.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler