31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaBISNISGebyok Ukir Kudusan...

Gebyok Ukir Kudusan Karya Khambali yang Pelanggannya Sampai Luar Negeri

BETANEWS.ID, KUDUS – Beberapa papan kayu jati tampak tersandar di samping tembok rumah yang sekaligus tempat produksi mebel. Kayu itu satu per satu diambil oleh seorang pria untuk diukir di bagian dalam bangunan.

Di bagian dalam itu, banyak sekali kayu yang ukirannya sudah jadi atau masih ditumpuk seadanya. Kayu-kayu itu menunggu sentuhan tangan Khambali (52), yang sudah terkenal punya garapan yang bagus dan pelanggannya hingga luar negeri.

Khambali sedang mengukir kayu di tempat usahanya. Foto: Erna Safitri

Di tempat produksi yang berada di Dukuh Sukoharjo RT 3 RW 5, Desa Gribig, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus itulah Khambali mencurahkan kemampuannya untuk membuat berbagai produk ukir, yang salah satunya adalah Gebyok Ukir Kudusan.

- Ads Banner -

Baca juga: Macan Kurung, Karya Masterpiece Ukir Jepara yang Kian Langka (2/6)

“Pesanan paling banyak itu gebyok ukir custom, ada juga produk mebel lain tetapi yang dikombinasikan dengan ukir. Kalau polosan itu jarang,” katanya, Rabu (31/8/2022).

Seperti gebok ukir kudusan lain, karya Khambali itu juga dipenuhi motif bunga melati, pot bunga dan lung-lungan kudusan dengan tambahan motif modifikasi darinya.

“Jenis kayu yang digunakan yaitu jati TPK (perhutani), jati kampung, dan mahoni. Bahannya didapatkan dari Rembang, Blora, dan Bojonegoro yang terkenal memiliki kualitas bagus. Ada pula yang didapat dari Kudus untuk kebutuhan skala kecil,” bebernya.

Selama ini, untuk pengerjaan desain motif ukir masih dilakukannya sendiri. Dirinya hanya dibantu tiga orang pengukir dan satu orang yang bertugas melubangi ukir (bobok) yang dikerjakan di rumah masing-masing.

Baca juga: Dihargai Rp7 Juta, Ini Wujud Sangkar Raja Beserta Filosofi Ukirannya

“Sampai sini nanti saya finishing sendiri dari benerin ukiran, filler, amplas, semprot awal sampai finishing akhir,” jelasnya.

Harga mebel dan gebyok ukir di Hasta Kencana Artfurni milik Khambali ini cukup bervariasi, ada yang Rp3 juta untuk produk pintu dan kusen, lalu gebyok ukir mulai puluhan juta sampai ratusan juta, tergantung tebal, jenis kayu, ukuran, serta motif yang dipesan.

“Kalau harga kita mengacu pada permintaan kastemer. Tapi pelanggan bisa memesan dengan budget tertentu, nanti kita yang sesuaikan dengan jenis kayu dan tebalnya,” beber Khambali.

Meskipun tidak dipesarkan secara online, pesananan gebyok ukir sudah merambah berbagai daerah seperti Kudus, Semarang, Magelang, Bali, bahkan Tahiland dan Jepang. Pembeli dapat memesan dengan datang langsung atau melalui WhatsApp di nomor 0813 9081 2350.

Editor: Ahmad Muhlisin

Erna Safitri
Erna Safitri
Erna Safitri adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di IAIN Kudus Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler