31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaKULINERSego Tewel Godong...

Sego Tewel Godong Jati Wedangan Tata, Porsi Banyak Dijamin Enak

BETANEWS, KUDUS – Di Jalan Wahid Hasyim, Desa Panjunan, Kecamatan Kudus, Kabupaten Kudus, terdapat penjual makanan yang menyediakan menu sarapan, yakni sego tewel godong jati Wedangan Tata. Warung yang teletak di dekat SD Masehi ini, terkenal memiliki cita rasa masakan kaya akan bumbu, dengan porsi yang banyak.

Menurut Lika (38), Pemilik Wedangan Tata, sego tewel godong jati buatanya memiliki rasa yang hampir mirip dengan gudeg Yogyakarta. Lika mengatakan, gudeg cenderung lebih manis, sedangkan sego tewel buatanya memiliki rasa manis yang pas dan gurih.

Warung sego tewel godong jati Wedangan Tata. Foto: Sekarwati.

Baca juga: Sego Godong Jati Pedo di Demaan Kudus Ini Bikin Warga Rela Antre

- Ads Banner -

“Rasanya gurih, manis dan enak pastinya. Soalnya masyarakat sini kan suka yang manis-manis, jadinya kayak gudeg tapi lodeh. Bedanya, kalau gudeg kan manis banget, sedangkan nasi tewel manisnya pas dan ada asinnya,” katanya pada betanews.id, Senin (25/7/2022).

Lika melanjutkan, salah satu rahasia kelezatan masakannya, juga berasal dari godong jati atau daun jati. Lika menerangkan, daun jati memiliki aroma bau yang khas dan dapat mengawetkan cita rasa sego tewel secara alami.

“Godong jati itu kan alaminya bisa mengawetkan, baunya juga khas. Kalau daun pisang tidak ada dan biasa saja,” imbuhnya.

Satu porsi sego tewel godong jati buatan lika ini, dijual dengan harga yang bervariasi. Mulai dari Rp 7-11 ribu. Pembeli dapat menikmati beberapa macam lauk, di antaranya, tempe kering, lodeh tewel, kotokan tahu, rambak, dan sambel.

“Untuk satu porsi pakai telur Rp 11 ribu, yang biasa Rp7 ribu itu komplet. Sego tewelnya itu ada kering, lodeh tewel, kotokan tahu, rambak dan sambel,” terangnya.

Baca juga: Mencicipi Sego Kinco Khas Kudus yang Menggugah Selera

Sego tewel godong jati Wedangan Tata ini, buka setiap hari mulai pukul 6.00-13.00 WIB. Lika mengaku, dalam sehari ia mampu menghabiskan lebih dari 100 porsi. Kini pelanggan Lika, bahkan tidak hanya berasal dari wilayah Kudus saja. Beberapa kota seperti Semarang, Magelang, Rembang, dan Pati telah mencicipi kenikmatan makanan buatanya.

Selain membuka pemesanan secara langsung, Lika juga sering mendapatkan orderan katering dan acara amal untuk hidangan di hotel-hotel sekitar Kudus. Pembeli dapat menghubungi nomor Lika melalui WhatsApp 085726119717 kalau ingin mencicipi nikmatnya sego tewel godong jati.

Editor : Kholistiono

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler