31 C
Kudus
Rabu, Desember 8, 2021
spot_img
BerandaKulinerMencicipi Sego Kinco...

Mencicipi Sego Kinco Khas Kudus yang Menggugah Selera

BETANEWS.ID, KUDUS – Aroma sedap begitu terasa ketika sampai di sebuah warung makan yang di Desa Loram Kulon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Aroma khas kuliner kinco ini, begitu menggoda selera untuk segera mencicipinya.

Saat melongok ke bagian dapur, terlihat seorang pria sedang memasak kinco pesanan pelanggan. Pria itu adalah Arus Harhara, pemilik Warung Sego Kinco Bandeng.

Arus saat menyajikan menu sego kinco kepada pelanggan warungnya. Foto: Kartika Wulandari.

Baca juga : Nasi Goreng Balungan di Kudus Ini Bikin Penasaran Banyak Orang, Punya 70 Macam Toping

- Ads Banner -

Sembari memberikan bumbu-bumbu pelengkap seperti garam, gula, kecap, dan penyedap rasa, Arus menjelaskan awal ia membuka warung ini adalah karena bisnis sebelumnya terdampak pandemi, sehingga tidak beroperasi.

“Usaha ini berawal ketika pandemi Corona. Awalnya saya bekerja sebagai biro perjalanan wisata, nah karena masa pandemi, biro perjalanan tidak beroperasi, jadi mau tidak mau saya banting setir untuk bertahan hidup, terus akhirnya punya ide untuk buka warung,” jelasnya, Jumat (24/9/2021).

Arus menjelaskan, kenapa akhirnya memilih untuk membuka warung. Menurutnya, hal itu tak lepas dari hobinya memasak. Sedangkan untuk menu yang lebih spesifik ke nasi kinco, karena hal itu masih jarang ditemui di daerah lain.

“Nasi kinco ini merupakan salah satu makanan otentik, karena tidak semua daerah ada,” jelas Arus.

Arus mengatakan, selain otentik, nasi kinco juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebab, kinco bandeng mengandung omega 3 yang berfungsi untuk mencegah penyempitan pembuluh darah.

“Kinco atau disebut dengan waleran bandeng atau isi perut bandeng ini juga mengandung omega 3, yang berfungsi untuk mencegah penyempitan pembuluh darah dan menurunkan kadar kolestrol,” jelasnya.

Meski unik dan mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh, harga satu porsi nasi kinco pun relatif murah yaitu hanya Rp 13 ribu saja.

Baca juga : Bebek Bumbu Hitam Khas Madura Ini Bikin Penikmatnya Pengen Tambah Nasi Terus

Karena tidak semua daerah ada, pembeli nasi kinco buatan Arus banyak juga yang dari luar Kudus. Di antaranya seperti Semarang dan Pati.

“Selain Kudus, banyak juga pembeli dari luar daerah, dan untuk sehari saya bisa menjual 30 porsi khusus untuk yang menu nasi kinco,” tambahnya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 10 - Kisah Oei Tiong Ham, Sang Raja Gula Terkaya di Asia Tenggara dari Semarang

Tinggalkan Balasan

31,087FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
70,075PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler