31 C
Kudus
Jumat, Agustus 12, 2022
spot_img
BerandaKULINERMencicipi Lezatnya Papeda...

Mencicipi Lezatnya Papeda Mas Ulin dengan Toping Telur Puyuh Spesial Abon Bawang

BETANEWS, KUDUS – Siang itu sepanjang jalan KHM Arwani Amin, Desa Krandon, Kecamatan Kudus, Kabupaten Kudus tampak tidak terlalu ramai dilalui pengendara motor. Beberapa deretan penjual jajanan di depan Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MA NU) Banat hanya berjumlah sedikit, lantaran aktivitas sekolah libur.

Terdapat salah satu gerobak yang bertuliskan ‘Papeda Telur Puyuh Spesial Abon Bawang’, yang menarik perhatian anak-anak untuk mampir membeli makanan khas Papua ini. Muh Ulin Nuha (28) atau akrab disapa Mas Ulin yang merupakan penjul Papeda tersebut menjelaskan, Papeda buatanya berbeda dengan papeda lainnya.

Muh Ulin Nuha sedang membuat Papeda untuk pembeli. Foto: Sekarwati.

Baca juga: Pernah Diusir saat Mangkal, Ulin Bagikan Pengalamannya Jual Papeda Telur Puyuh

- Ads Banner -

“Papedanya ada tambahan telur puyuh, kalau original tidak pakai, terus sama bumbu abon bawang juga,” katanya pada betanews.id.

Memiliki rasa asin dan manis, Ulin melanjutkan, Papeda buatanya tidak menggunakan bahan dasar sagu layaknya Papeda pada umumnya. Ulin lebih memilih menggunakan tepung tapioka, karena harganya yang terbilang lebih murah.

“Kalau ini variasi buat jajanan makainya tepung tapioka, karena lebih murah harganya Rp12 ribu sekilo. Dulu pernah pakai sagu mahal, kalau tidak salah harganya Rp 32 ribu per kilogram,” imbunya.

Baca juga: Kunjungi Asrama Pelajar Papua, Ganjar Disambut Nyanyian Selamat Natal Mama dan Disuguhi Papeda

Ulin menerangkan, Papeda asli memiliki tekstur yang lebih kental dan disajikan dengan olahan ikan tawar sayur kuning. Sedangkan Papeda berbahan tepung tapioka, mirip dengan rasa Cilung, jajanan khas Jawa Barat.

Papeda milik Ulin ini mulai buka pukul 10.00-17.00 WIB. Sedangkan untuk harganya, untuk Papeda original Ulin menghargai Rp 1.500, papeda tambahan telur puyuh sayu harga Rp2 ribu, Papeda telur puyuh dua seharga Rp 2.500, dan Papeda tanpa bumbu abon bawang Rp 2 ribu.

Editor : Kholistiono

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,330PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler