31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaKUDUSInfrastruktur Jalan Jadi...

Infrastruktur Jalan Jadi Prioritas Pada APBD Perubahan 2022, Sedangkan Nasib Persiku Masih Gelap

BETANEWS.ID, KUDUS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus menyelenggarakan rapat paripurna dalam acara Penandatangan Nota Kesepakatan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun 2023. Serta perubahan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun 2022.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Kudus Masan dengan didampingi sejumlah Wakil Ketua DPRD, di ruang paripurna, Kamis (11/8/2022). Hadir juga Bupati Kudus HM Hartopo beserta unsur Forkopimda. Rapat paripurna diikuti Pimpinan OPD dan anggota DPRD Kabupaten Kudus.

Rapat paripurna DRPD Kudus dalam rangka Penandatangan Nota Kesepakatan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun 2023. Foto: Rabu Sipan.

Baca juga: Dianggarkan Rp 5 Miliar, Jalan Rahtawu yang Sempit dan Membahayakan Mulai Diperlebar

- Ads Banner -

Usai penandatanganan, Bupati Kudus mengatakan, di anggaran perubahan tahun 2022 yang jadi prioritas Pemkab Kudus adalah perawatan jalan. Meski memang tak bisa mencakup semua, tapi pihaknya akan memaksimalkan anggaran, agar jalan-jalan di Kudus yang rusak bisa langsung diperbaiki.

“Prioritas kami di perubahan anggaran ini ialah perawatan jalan. Selain itu kesehatan juga jadi prioritas kami,” ujar Hartopo kepada awak media, Kamis (11/8/2022).

Tak hanya itu, lanjutnya, pada APBD Perubahan Kabupaten Kudus tahun 2022, lampu penerang jalan umum (LPJU) juga jadi prioritas. Sementara itu, bantuan langsung tunai (BLT) untuk buruh rokok juga tetap dianggarkan.

“Untuk BLT ini kayaknya masuk di anggaran tahun 2023, dananya dari bagi hasil cukai. Nilainya cukup banyak, sekitar 23 ribu buruh kali Rp 600 ribu,” terangnya.

Dia menambahkan, revitasilasi Taman Menara Kudus juga masuk dalam anggaran perubahan tahun 2022. Nantinya konsepnya menyesuaikan dengan karakter Kawasan Menara Kudus.

“Terkait pangkalan ojek, kan memang di situ bukan untuk tempat ojek mangkal. Nanti ojek kita carikan tempat yang lebih baik,” jelasnya.

Hartopo pun mengungkap, di anggaran perubahan ini juga ada pos untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kudus sebesar Rp 1 miliar. Menurutnya, sementara ini Rp 1 miliar dulu, semoga saja nanti bisa ditambah.

Baca juga: Ingin Lihat ‘Wisata Jeglongan Sewu’ di Kudus? Datanglah ke Desa Kedungsari Gebog

“Anggaran untuk KONI sementara ini ada satu. Kemarin sempat kita pasang dua. Semoga saja nanti bisa ditambah lagi,” harapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Kudus Masan menganggap KUA-PPAS tahun 2023 serta KUA-PPAS Perubahan tahun 2022, Pemkab Kudus sudah baik. Namun, untuk Persatuan Sepak Bola Kudus (Persiku) masih gelap.

“Bagaimana gak gelap. Alokasi ke KONI sementara ini hanya Rp 1 miliar saja,” ujarnya.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler