31 C
Kudus
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img
spot_img
BerandaKULINEREs Krim Jamu...

Es Krim Jamu di Makuta Jamu Cafe Sukses Bikin Banyak Anak Muda Kepincut

BETANEWS.ID, SEMARANG – Jika biasanya jamu disajikan di pasar dan warung-warung pinggir jalan, di Makuta Jamu Cafe, kastemer akan merasakan sensasi yang berbeda. Kafe yang berlokasi di Jalan Gang Pinggir No 8, Kranggan, Semarang Tengah, ini rupanya menyediakan aneka macam jamu dengan suasana tempat yang nyaman dan kekinian.

Pemilik Makuta Jamu Cafe Seno Budiono (71) mengatakan, kafe yang dirintis pada 2019 itu memang punya tujuan mengenalkan dan melestarikan minuman tradisional Indonesia. Karena  targetnya anak muda, ia menyiapkan kemasan modern dan kekinian serta tempat seperti kafe-kafe yang hits.

Makuta Jamu Cafe, kafe yang sediakan menu jamu dengan kemasan kekinian. Foto: Kartika Wulandari.

“Tujuannya satu, ingin melestarikan serta menggenalkan jamu ke kalangan muda. Jamu ini kan minuman tradisional Indonesia dan sudah kewajiban kita untuk ikut melestarikan, agar tidak tergerus oleh zaman,” katanya, Jumat (29/7/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Minuman Tradisional yang Dikemas Kekinian di Cafe Love Jamu Jadi Primadona Anak Muda

“Nah, cara untuk melestarikannya ya dengan mengikuti perkembangan zaman. Kalau sekarang anak muda suka nongkrong kekinian, ya kita juga masuk dengan tempat kafe yang kekinian. Bedanya kita jual jamu, enggak kopi,” tambahnya.

Seno menjelaskan, tempatnya itu menyediakan jamu seduh, jamu kemasan, jamu instan, dan yang lebih unik lagi ada ice cream jamu.

“Untuk jamu seduhnya total ada 12 macam, yaitu meh jamu flugon, slim in, urat sendri, diabeta, jampi usus, dan masih bangak lagi. Kalau menu best seller kita ada ice cream jamu yang punya empat rasa yaitu es krim STMJ, daun kelor, kunir asem, dan beras kencur,” ujarnya.

Baca juga: Tandor Space, Kafe Berkonsep Urban Farming di Semarang yang Harganya Cocok untuk Pelajar

“Jamu yang kita sajikan juga resep dari nenek kita, yaitu jamu Njonja Meneer, dan saya adalah generasi ketiga. Jadi dipastikan jamu di sini punya cita rasa yang sangat khas,” katanya.

Seno melanjutkan, harga yang ditawarkan pun juga cukup terjangkau, yaitu mulai Rp18 ribu untuk jamu seduh, dan Rp20 ribu untuk es krim jamu.

Jadi jika ingin mencoba menukmati jamu dengan suasana yang berbeda, Makuta Jamu Cafe ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 untuk Senin-Kamis, 07.00-21.00 Jumat-Minggu.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,327PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler