31 C
Kudus
Jumat, Agustus 12, 2022
spot_img
BerandaSejarahCandi Losari, Candi...

Candi Losari, Candi Hindu yang Ditemukan di Bawah Tanah

BETANEWS.ID, MAGELANG – Situs Candi Losari yang terletak di Dusun Losari, Desa Salam, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, pertama kali ditemukan pada 12 Mei 2004. Penemuan pertama situs candi tersebut berupa batu-batu andesit bercorak yang merupakan bagian dari pucuk bangunan candi.

Penemuan Candi Losari bisa dibilang secara tidak sengaja. Pada saat itu, kebun salak milik Muhammad Badri, yang merupakan area candi akan dibangun saluran irigasi sawah.

Menurut Surahman, yang merupakan penjaga candi, terdapat empat bangunan pada Candi Losari. Yakni, satu candi induk dan tiga candi perwara berada di bawah.

- Ads Banner -

Baca juga: Candi Losari, Situs Sejarah yang Jadi Saksi Bisu Dahsyatnya Letusan Gunung Merapi

“Untuk kedalaman sekitar 4 meter, dan luas kurang lebih 25 x 25 meter. Untuk candi harus dibangun atap untuk menghindari air dari curah hujan yang masuk kedalam candi,” jelas Surahman.

Dijelaskan Surahman, Candi Losari bisa berada di bawah tanah karena tertimbun dari erupsi Gunung Merapi. Selain itu juga gempa yang melanda sehingga struktur candi berserakan.

“Karena pada tahun kurang lebih 1006, ada erupsi Gunung Merapi dan juga ada gempa, maka candi ini runtuh berserakan di sekitarnya ini,” jelas Surahman.

Meskipun terkena dampak dari erupsi dan gempa yang membuat struktur candi berserakan, batu-batu candi masih utuh karena terpendam.

Temuan-temuan lain di tempat ini yakni, balok-balok batu bercorak dan berhias ceplok bunga,artefak-artefak, serta pucuk candi. Komponen-komponen lain yang ditemukan diyakini sebagai atap candi.

Baca juga: Menguak Keunikan Candi Ngawen di Magelang, Candi Budha yang Dijaga 4 Singa Misterius

Selain itu, juga terdapat struktur bangunan kuno pada sebuah lingkaran sehingga dapat disebut sebagai situs yang kemudian dapat dikelompokan untuk menjadi satu kesatuan candi.

Sebagai salah satu candi yang berada di kawasan antara Borobudur dengan Prambanan, Candi Losari sangat mempunyai peranan penting lam melengkapi informasi mengenai data sejarah budaya. Kawasan poros Kedu – Prambanan merupakan salah satu kawasan pusat kekuasaan kerajaan Mataram Kuno yang berkuasa di Jawa Tengah pada abad VII – X Masehi.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

32,381FansSuka
15,327PengikutMengikuti
4,330PengikutMengikuti
90,084PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler