31 C
Kudus
Minggu, Juni 26, 2022
spot_img
BerandaWISATAMenyusuri Keindahan Alam...

Menyusuri Keindahan Alam di Tuksongo Magelang, Kampung di Kaki Bukit Menoreh

BETANEWS.ID, MAGELANG – Berada tepat di kaki Bukit Menoreh, Desa Tuksongo, Kecamatan Borobudur, Magelang, menawarkan pesona alam yang eksotis. Tempat ini, bisa menjadi salah satu tujuan bagi anda para wisatawan yang hendak merefres pikiran dari penatnya kesibukan sehari-hari.

Bukan hanya keindahan alam yang eksotis, Desa Tuksongo juga menawarkan beberapa destinasi wisata lainnya. Di antaranya wisata edukasi, home industry hingga ragam UMKM ada di tempat ini.

Salah satu spot untuk berfoto yang berada di Desa Wisata Tuksongo. Foto: Budi Prasetyo.

Baca juga: Serunya Kelilingi Kawasan Borobudur dengan VW Cabrio, Banyak Destinasi Wisata yang Menarik Dikunjungi

- Ads Banner -

Tak perlu khawatir untuk bisa bekeliling desa wisata ini. Wisatawan bisa menikmati fasilitas yang disediakan para pelaku wisata bagi yang ingin menyambangi lokasi-lokasi yang ada di tempat tersebut. Wisatawan tinggal pilih mau menggunakan kendaraan apa. Mulai dari ATV, Jeep hingga VW tersedia di sana.

Untuk memaksimalkan pelayanan bagi para wisatawan, desa ini dilengkapi dengan tiga bangunan utama yaitu Balkondes (Balai Ekonomi Desa), homestay dan juga amphitheater.

Kepala Desa Tuksongo Muhammad Abdul Karim mejelaskan, bagi wisatawan yang datang ke Tuksongo, bisa mengunjungi Balai Ekonomi Desa (Balkondes). Di katakannya, Balkondes merupakan proyek kerja sama Kementerian BUMN dengan desa wisata, dalam rangka untuk meningkatkan ekonomi.

Balkondes Tuksongo juga menjadi pusat untuk memperkenalkan daya tarik wisata yang ada di Desa Tuksongo. Seperti halnya wisata kesenian,wisata kerajinan tangan,wisata edukasi, wisata kuliner,dan juga wisata alam.

“Bakondes menjadi pintu gerbang wisata kami di Desa Tuksongo. Ada juga wisata selfi yang lagi hit dan ramai,” ujar Kades Tuksongo.

Ia menyampaikan, wisatawan juga bisa mengunjungi UMKM pembuatan kuliner pathi gelang yang menjadi ciri khas Tuksongo. Ada juga pembuatan kerajinan bamboo dan kerajinan pembuatan topeng besi.

“Bisa juga mengunjungi kerajinan ukir bambu, pembuatan pathi gelang, pembuatan mi lethek, blangkon, batik atapun lukisan,” jelas Abdul Karim.

Baca juga: Tak Jauh dari Borobudur, Ini Destinasi Wisata Svarga Bumi di Magelang yang Lagi Hits

Desa Tuksongo sendiri, menurut Abdul karim, juga memilik ikon sejak lama, yaitu Randu Alas. Ikon tersebut, merupakan satu batang kayu yang sangat melegenda di Desa Tuksongo.

“Usia Randu Alas sekitar 400 tahun. Itu menjadi ikon kita. Bagi para wisatawan, kami menantikan kehadirannya di Desa Tuksongo,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Lipsus 14 - Penerapan Teknologi Bambu untuk Tanggul Laut Tol Semarang Demak

Tinggalkan Balasan

31,944FansSuka
15,127PengikutMengikuti
4,332PengikutMengikuti
80,005PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler